Teknologi

Memahami Perbedaan Kunci antara Smart TV dan Android TV dalam Era Digital

Redaksi
551
×

Memahami Perbedaan Kunci antara Smart TV dan Android TV dalam Era Digital

Sebarkan artikel ini

PORTAL INDONESIA — Dalam era digital saat ini, televisi tidak lagi hanya digunakan sebagai perangkat untuk menonton program televisi. Smart TV dan Android TV telah membuka pintu ke dunia hiburan yang lebih luas dengan integrasi internet, memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan online. Namun, apa yang membedakan kedua jenis televisi pintar ini? Perbedaan utama antara Smart TV dan Android TV terletak pada sistem operasinya. Namun, tidak hanya itu, ada lima poin perbedaan lainnya antara kedua jenis TV tersebut. Berikut adalah perbedaan kedua televisi tersebut:

1. Program Aplikasi: Android TV memiliki akses ke Google Play Store, yang menawarkan lebih banyak aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime, Spotify, dan YouTube. Sebaliknya, smart TV hanya menyediakan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer.

2. Pencerminan dan Transmisi Layar: Fitur pencerminan dan transmisi layar memungkinkan pengguna menampilkan isi dari smartphone atau tablet mereka di layar TV. Pada smart TV, ini memerlukan kabel atau perangkat proyeksi tambahan, sedangkan Android TV bisa melakukannya langsung melalui Google Assistant atau Chrome.

3. Asisten Suara: Android TV dilengkapi dengan Google Voice Assistant bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV melalui suara. Sementara smart TV juga mendukung fitur ini, namun memerlukan perangkat Voice Assistant khusus seperti Alexa.

4. Game: Semua smart TV saat ini dapat terhubung dengan game, namun opsinya terbatas dan performanya tergantung pada sistem operasinya. Android TV memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan memainkan berbagai game dari Google Play Store.

5. Pembaruan Otomatis: Android TV menyediakan pembaruan otomatis untuk aplikasi jika terhubung ke Wi-Fi, memastikan aplikasi berjalan optimal. Sementara itu, smart TV tidak memiliki fitur pembaruan otomatis untuk aplikasi bawaannya.

Baca Juga:  Tips Mengoptimalkan Teknologi Big Data untuk Analisis Bisnis

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, pertanyaannya adalah, manakah yang akan Anda pilih, Smart TV atau Android TV?

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.