TeknologiTips & Edukasi

Tips Anti-Hack untuk WhatsApp yang Wajib Kamu Coba

Redaksi
299
×

Tips Anti-Hack untuk WhatsApp yang Wajib Kamu Coba

Sebarkan artikel ini

PORTAL INDONESIA — Siapa sih yang tidak kenal dengan WhatsApp? Aplikasi pesan instan yang satu ini memang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, tahukah kamu bahwa WhatsApp juga rentan terhadap serangan hacker? Ya, hacker bisa saja mencuri data pribadi kita melalui WhatsApp jika kita tidak berhati-hati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengamankan akun WhatsApp kita agar terhindar dari serangan hacker. Berikut adalah beberapa tips anti-hack untuk WhatsApp yang wajib kamu coba:

1. Gunakan Verifikasi Dua Langkah
Salah satu cara terbaik untuk melindungi akun WhatsApp kita dari hacker adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Dengan fitur ini, selain memasukkan nomor telepon, kita juga perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email setiap kali kita ingin masuk ke akun WhatsApp. Dengan begitu, hacker akan kesulitan untuk mengakses akun kita meskipun mereka sudah memiliki nomor telepon kita.

2. Jangan Bagikan Kode Verifikasi
Selain mengaktifkan verifikasi dua langkah, kita juga perlu berhati-hati dalam membagikan kode verifikasi kepada orang lain. Kode verifikasi adalah kunci untuk masuk ke akun WhatsApp kita, jadi jangan sampai jatuh ke tangan yang salah. Pastikan untuk tidak membagikan kode verifikasi kepada siapapun, termasuk teman atau keluarga kita sendiri.

3. Perbarui Aplikasi WhatsApp secara Berkala
Untuk mengamankan akun WhatsApp kita dari serangan hacker, kita perlu selalu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Setiap pembaruan biasanya mengandung patch keamanan baru yang dapat melindungi akun kita dari berbagai jenis serangan hacker. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp kita secara berkala.

4. Hindari Mengklik Tautan yang Mencurigakan
Hacker sering menggunakan tautan yang mencurigakan untuk mencuri data pribadi pengguna WhatsApp. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dan hindari mengklik tautan yang tidak jelas asal-usulnya. Jika kita menerima tautan yang mencurigakan melalui pesan WhatsApp, sebaiknya jangan klik tautan tersebut dan laporkan ke pihak WhatsApp.

Baca Juga:  Strategi Penggunaan Teknologi dalam Pemasaran Digital

5. Gunakan Fitur Keamanan WhatsApp
WhatsApp juga menyediakan berbagai fitur keamanan yang dapat membantu kita melindungi akun WhatsApp dari serangan hacker. Salah satu fitur keamanan yang penting adalah mengatur privasi akun kita dengan benar. Kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status, foto profil, dan informasi pribadi kita. Selain itu, kita juga bisa mengaktifkan fitur blokir untuk menghindari kontak yang mencurigakan.

6. Hati-hati dalam Berbagi Informasi Pribadi
Terakhir, penting bagi kita untuk hati-hati dalam berbagi informasi pribadi melalui WhatsApp. Jangan pernah memberikan informasi sensitif seperti nomor rekening, password, atau data pribadi lainnya kepada siapapun melalui WhatsApp. Selalu ingat bahwa hacker selalu mencari celah untuk mencuri data pribadi kita, jadi kita perlu berhati-hati dalam berkomunikasi melalui WhatsApp.

Dengan mengikuti tips anti-hack untuk WhatsApp di atas, kita bisa lebih aman dan tenang dalam menggunakan aplikasi pesan instan yang satu ini. Ingatlah bahwa keamanan akun WhatsApp kita adalah tanggung jawab kita sendiri, jadi jangan sampai lengah dan selalu waspada terhadap serangan hacker.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menggunakan WhatsApp dengan aman!

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.