AdventorialPortal Jatim

Program Insentif Ketua RT, Bentuk Dukungan Pemkab Situbondo untuk Pelayanan Masyarakat

Redaksi
1274
×

Program Insentif Ketua RT, Bentuk Dukungan Pemkab Situbondo untuk Pelayanan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab Situbondo) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat telah memulai proses pencairan insentif bagi para Ketua RT. Besaran insentif yang diterima mencapai Rp500 ribu per tahun. Penyaluran insentif ini langsung dilakukan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta Wakil Bupati Nyai. Khoirani di setiap kecamatan.

Bupati Karna Suswandi menyampaikan bahwa sebanyak 3.347 Ketua RT akan menerima insentif pada tahun 2024 ini. “Penyaluran dimulai pada Rabu, 8 Mei 2024

Saya dan Nyai. Khoirani menyalurkan insentif kepada 242 Ketua RT di seluruh Kecamatan Situbondo di Gedung PG114RI,” ujarnya kepada awak media.

Bung Kama menjelaskan bahwa pemberian insentif ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Situbondo terhadap para Ketua RT.

“Kita tahu betapa beratnya tugas Ketua RT dalam melayani kebutuhan warga, terutama terkait administrasi kependudukan dan surat pengantar lainnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Bung Karna, Ketua RT juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan program pemerintah daerah di desa. Oleh karena itu, mereka perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat.

“Meskipun nominalnya tidak besar, saya yakin uang ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok keluarga,” tegasnya,

Untuk mendukung program ini, Pemerintah Kabupaten Situbondo telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,6 miliar lebih. “Dengan insentif ini, kami berharap para Ketua RT di Kabupaten Situbondo semakin termotivasi dalam melayani masyarakat kita,” tambahnya,

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Situbondo, Suryatno menyatakan bahwa jumlah penerima insentif Ketua RT tahun 2024 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Pada tahun ini, terdapat 3.347 Ketua RT yang akan menerima insentif, sementara pada tahun 2023 hanya ada 3.345 Ketua RT yang menerima insentif,” ucapnya. (ADV)