Portal JatimUncategorized

Grebeg Suro Ponorogo Bakal Jadi Kincir Peputaran Perekonomian

Andre Prisna P
774
×

Grebeg Suro Ponorogo Bakal Jadi Kincir Peputaran Perekonomian

Sebarkan artikel ini
Launching Kaos Grebeg Suro 2024 Ponorogo

PONOROGO – Persiapan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dalam menyongsong perayaan Grebeg Suro tahun 2024 ini.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menjelaskan, gelaran Grebeg Suro tahun ini diperkirakan menelan anggaran Rp 5,6 milyar.

“Berbeda dengan sebelumnya, gelaran Grebeg Suro tahun ini nyaris tanpa membebani APBD,” ujarnya saat melaunching Grebeg Suro 2024, Selasa (28/5/2024) malam.

Pemkab Ponorogo menggandeng Lokomotif Organizer yang menggawangi event Grebeg Suro, tentunya juga ada pihak-pihak yang akan mendukung event ini. Ada sponsorship, pelaku UMKM dan sebagainya.

“Sehingga tercipta simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Ada efek domino -nya (peputaran perekonomian) dari setiap rangkaian kegiatan,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya masih memikirkan tagline Grebeg Suro, jika tahun lalu ‘Bergandeng Erat, Bergerak Cepat, Ponorogo Hebat’.

“Barangkali jika nyaris tanpa APBD, ya tagline -nya kita rubah yang lebih keren -lah. Nanti akan diumumkan,” tuturnya.

Tentunya Grebeg Suro tahun ini tetap dapat menyedot antusiasme masyarakat sampai wisatawan mancanegara.

“Terutama digelaran Festival Nasional Reog yang menjadi ciri khas Kabupaten Ponorogo,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Ponorogo, Sarwo Judha Slamet Edhie mengatakan, dengan tanpanya APBD, Grebeg Suro tetap terlaksana dan terselenggara.

“Serta masuk sebagai Kharisma Nusantara (KEN) yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Saat ini masih kita ‘godhog’ lebih matang serangkaian kegiatannya, Insyaallah dimulai tanggal 26 Juni 2024,” jlentrehnya.

Kurang lebih akan ada 30 serangkaian kegiatan dalam perayaan Grebeg Suro. Kurang lebih akan berlangsung satu bulan penuh. Tentunya mengangkat kesenian, budaya, agama dan hobby.

“Pun, Grebeg Suro melibatkan pelaku kesenian dan generasi muda di Kabupaten Ponorogo, untuk berkontribusi bersama-sama mensukseskan event ini,” tandasnya. (*)