Portal Jatim

Eksavasi V Situs Bhre Kahuripan Temukan Pagar Sisi Utara

Redaksi
116
×

Eksavasi V Situs Bhre Kahuripan Temukan Pagar Sisi Utara

Sebarkan artikel ini
Tim BPK XI Wilayah Jawa Timur saat melakukan Eksavasi Situs Bhre Kahuripan di Desa Klinterejo Kecamatan Sooko

MOJOKERTO — Balai Pelestarian Kebudayaan ( BPK XI ) Wilayah Jawa Timur kembali melakukan ekskavasi ke V Situs Bhre Kahuripan untuk menemukan Struktur Pagar pada situs tersebut .

Situs Bhre Kahuripan terletak di Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, sebelumnya eksavasi tahap IV sudah dilakukan pada 17 Juli – 15 Agustus 2023 Tim BPK Wilayah Jatim dan Fokus menggali struktur yang masih terpendam di Kebun tebu dan Lapangan Sepak bola.

Sementara itu Muhammad Ichwan selaku Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan Wilayah XI Jatim mengatakan , yang kami fokuskan hari ini adalah menampakkan Struktur bangunan yang kami duga pagar sisi utara dan berada di sebelah timur lapangan Sepak bola, diharapkan dapat menambah data dan Situs Bhre Kahuripan dikelilingi pagar .

Eksavasi kami lakukan selama 25 hari, mulai 25 Juni – 19 Juli 2024, dengan persiapan selama tiga hari mulai 19 juni-21 Juni 2024.

Alhamdulillah dari sasaran kami saat ini dalam proses pencarian data arkeologis menemukan hipotesa kami berupa struktur pagar di sisi utara” ujarnya.

” Temuan kami adalah sisi pintu Utara dan Selatan pagar dan diharapkan nanti ada pagar yang mengarah ke selatan itu sebagai pagar sisi timurmya dam saat ini sedang dalam proses pencarian eksavasi ” jelas Ichwan.

Selama penggalian, pihaknya telah menampakkan struktur dinding yang terpendam di bawah permuakaan tanah di sejumlah kotak gali.

Sedikitnya, lebih dari 200 kotak gali ukuran 2×2 meter di utara bangunan utama candi jadi sasaran penggalian.

Sedangkan untuk temuan penyertanya yang sifatnya lepas berupa fragmentaris atau pecahan berbahan gerabah dan keramik” pungkasnya.