Portal DIY

Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Progres Penanggulangan Kemiskinan DIY

1110
×

Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Progres Penanggulangan Kemiskinan DIY

Sebarkan artikel ini
Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Progres Penanggulangan Kemiskinan DIY
Wapres Ma'ruf Amin serahkan bantuan pendidikan kepada seorang pelajar di Prambanan (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, berkunjung ke Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Selasa (9/1/2034). Tujuan untuk mengetahui langsung progres Penanggulangan kemiskinan DIY dengan salah satu lokus di Prambanan.

Dalam kunjungannya di pendopo Kantor Kapanewon Prambanan itu, Wapres didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menemui sejumlah penerima manfaat program penanggulangan kemiskinan yang bersumber dari APBN, APBD, dan Kerjasama Baznas DIY. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Menurut Wakil Presiden kunjungannya ke DIY ini, untuk melihat secara langsung hasil program pengentasan kemiskinan khususnya di bidang perumahan layak huni dan realisasi program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara).

Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan bangga atas perkembangan dan realisasi program rumah layak huni dari Kementrian PUPR dan implementasi program PENA khususnya di Kabupaten Sleman.

Ma’ruf Amin mengatakan, bahwa keberhasilan tersebut merupakan program pemerintah yang menjadi bagian dari perbaikan hidup masyarakat. Karenanya, ia berharap, program ini dapat memberikan dampak baik yang lebih luas bagi masyarakat.

“Apalagi tadi saya mendapat laporan, ada warga yang omset usahanya semula Rp 300.000, sekarang bisa meningkat menjadi Rp 1.000.000 perhari dari hasil bantuan program PENA. Dan saya melihat setelah dikembangkan omset mereka masih bisa dinaikkan kembali,” jelas Wakil Presiden Republik Indonesia.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam laporanya mengatakan bahwa penanganan kemiskinan di Kabupaten Sleman dilakukan secara berjenjang melalui musyawarah padukuhan yang diproses menjadi SK Bupati.

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Progres Penanggulangan Kemiskinan DIY
Wapres Ma’ruf Amin saksikan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Prambanan (Brd/Portal Indonesia)

Bantuan yang diberikan beragam mulai dari bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, bantuan disabilitas dan lansia.

“ Bagi masyarakat yang tidak masuk dalam SK tersebut dapat mengakses bantuan Jaringan Pengamanan Sosial,” tegas Kustini.

Kustini menambahkan, pada tahun 2023 Kabupaten Sleman melakukan terobosan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat penerima bantuan sosial melalui inovasi PEDAS (Pahlawan Ekonomi Muda Sleman). Program ini menyasar Anak Muda usia 17 – 35 tahun yang memiliki upaya pemberdayaan generasi muda.

“Untuk memutus rantai kemiskinan kami menyalurkan bantuan modal bagi 365 orang masing-masing Rp. 3 juta,” jelas Kustini.

Pada kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin juga menyerahkan bantuan secara simbolis program bantuan lansia seumur hidup berupa uang tunai senilai Rp 300rb dan paket sembako sebesar Rp 500rb bagi para penerima manfaat.

Bantuan ini merupakan program Baznas bagi lansia sebesar Rp 100rb per bulan yang diterimakan per tiga bulan selama seumur hidup. (Brd)