Portal Jatim

Wabup Situbondo Jadi Inspektur Upacara Harkitnas ke 115, Bacakan Sambutan Plt Menkominfo

11
×

Wabup Situbondo Jadi Inspektur Upacara Harkitnas ke 115, Bacakan Sambutan Plt Menkominfo

Sebarkan artikel ini
Wabup Situbondo Jadi Inspektur Upacara Harkitnas ke 115, Bacakan Sambutan Plt Menkominfo
Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115', Senin (22/5/2023) di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo.

SITUBONDO – Bertempat di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo, digelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115 dengan mengusung tema ‘Semangat Untuk Bangkit’, Senin (22/5/2023). Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani didaulat menjadi inspektur upacara.

Orang nomor dua di Kota Santri Pancasila ini membacakan sambutan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Mahfud MD.

Perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini mengatakan, 115 tahun yang lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur. Boedi Oetomo didirikannya untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu,” ucap Wabup Situbondo saat membacakan sambutan Plt Menkominfo.

Lebih lanjut, perempuan asal Kecamatan Besuki ini menyampaikan, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional. Yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan di masa yang sulit. Baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api ‘Semangat Untuk Bangkit’ demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” beber Nyai Khoi.

Pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa status darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. “Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19. Hal ini menjadi momentum untuk memulihkan perekonomian bangsa. Dan hal ini menjadi momentum untuk memaknai Harkitnas ke 115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” tegas Wabup Situbondo dalam membacakan sambutan Plt Menkominfo.

Harkitnas ke 115 juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Mulai dari kementerian, lembaga negara, pemerintah daerah, sektor swasta, akademi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia dari berbagai krisis global. Baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

“Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar. Yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong ‘Semangat Untuk Bangkit’ di tingkat dunia,” ujar Wabup Situbondo.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi memontum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca-pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. “Menutup perkataan dari dr. Soetomo “generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya,” pungkas Nyai Khoi.

Wabup Situbondo Jadi Inspektur Upacara Harkitnas ke 115, Bacakan Sambutan Plt Menkominfo

Hadir dalam upacara Harkitnas ke 115, Jajaran Forkopimda Situbondo, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, personel TNI-Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, Tagana, PGRI, KOPRI, mahasiswa, pelajar SMA-SMP. (ADV)