Wabup Sidoarjo sidak Sampah menumpuk di TPST Sugih waras, minta kades segera Atasi problem Sampah

Wabup Sidoarjo sidak Sampah menumpuk di TPST Sugih waras, minta kades segera Atasi problem Sampah
Wakil Bupati Sidoarjo lakukan sidak sampah di TPST Sugih waras

SIDOARJO – Over loadnya sampah di sepanjang jalan Tempat pengolahan sampah terpadu ( TPST ) Desa Sugih waras kecamatan Candi menjadi perhatian Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi.

Sementara itu Wabup melakukan sidak di TPST Sugih waras Selasa ( 14/12/2021) ,didampingi kepala dinas DLHK Bahrul amiq serta kepala desa Sugihwaras Syaiful .

Wabup Sidoarjo Syaiful ditemui awak media usai sidak mengatakan ” Sampah ini merupakan PR kita bersama, dengan menumpuknya sampah di sepanjang Tempat pengolahan sampah terpadu ( TPST ) Sugih waras ini harus dapat kita selesaikan bersama , bukan dari Penerintah Dinas lingkungan hidup ( DLHK ), Desa ataupun kecamatan saja ” jelasnya.

Subandi menambahkan ” tidak hanya itu kita juga nanti tiap tahun akan memberikan alat untuk pengelolah sampah di tiap kecamatan diberikan 5 alat , serta harapan saya ada tindak lanjut dari kepala desa jangan sampai hal ini terus menerus sampah dijalan ini bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan penyakit” ucapnya.

” Selain itu juga harus segera di koordinasikan dengan RT ataupun RW untuk pengelolaan sampah desa, karena kapasitas TPST didesa belum memadai” pungkasnya.

Selain itu Kepala Dinas Lingkungan hidup ( DLHK ) Sidoarjo Bahrul amik mengungkapkan ” kebutuhan minimal atau istilahnya restribusi ( iuran ) dari sampah itu belum tercapai , maka dari itu kita nanti akan berikan panduan pada pihak desa bagaimana pengelolaan sampah di desa mulai dari pengumpulan di TPST nya pemrosesanya serta biaya pengangkutanya ke TPA nya maka semuanya bisa teratasi dengan baik” jelasnya.

” Selain itu beban angkut truk ke TPA juga sangat tinggi , dari 26 truk dengan hanya biaya 2 juta apakah itu cukup , itu yang harus kita evaluasi lagi secara bersama ” pungkasnya.

Sedangkan Kepala desa Syaiful mengatakan ” pemilahan sampah di Desa Sugiwaras ini tiap hari di lakukan , apalagi sekarang ada bank sampah yang sudah dipilah baik sampah plastik maupun kardusnya ” urainya.

” Satu bulan bisa berkurang 7 rit yang artinya sudah diangkut ke TPA dan ini sudah berjalan 3 bulan ,karena penumpukan sampah ini sangat menganggu warga dan kami pihak desa”

” Kami sudah didatangi wakil Bupati serta Dinas Lingkungan hidup ( DLHK ) maka kami akan tindak lanjuti serta pihak desa akan dibina Pemerintah daerah dan dinas terkait agar sampah cukup di kelola di desa saja tidak sampai ke TPA ” pungkasnya.

error: