Portal Jateng

Wabup Kebumen Jabat Ketua Umum KORMI

2
×

Wabup Kebumen Jabat Ketua Umum KORMI

Sebarkan artikel ini
Wabup Kebumen Jabat Ketua Umum KORMI
Saat pelantikan Ketum KORMI Kabupaten Kebumen

KEBUMEN – Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih resmi dilantik sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Kebumen masa bakti 2023-2027 oleh Seretaris Umum KORMI Provinsi Jawa Tengah Edi Purwanto.

Pelantikan berlangsung di Pendopo Kabumian, Rabu 12 Juli 2023, dan turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, berserta segenap jajaran pengurus baru KORMI Kabupaten Kebumen.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepada pengurus yang baru, Bupati menyampaikan selamat. KORMI sebagai salah satu wadah membangun kebersamaan dengan terus menghadirkan olahraga-olahraga yang menghibur, namun tetap menyehatkan.

“Selamat kepada pengurus KORMI Kabupaten Kebumen yang baru saja dilantik. Semoga bisa mengembangkan olahraga rekreasi masyarakat yang ada di Kebumen dengan semangat kebersamaan, dan keguyuban,” ujar Bupati.

Sementara itu, Seretaris KORMI Jateng, Edi Purwanto menyampaikan, KORMI adalah jenis olahraga rekreasi yang bukan jalur prestasi seperti olahraga yang berada dalam naungan KONI. Jenis olahraganya dibagi menjadi tiga kelompok, yakni:

Pertama, Olahraga Kebugaran, berbagai macam jenis senam. Misalnya senam jantung sehat, senam kebugaran, senam sehat, senam taichi. Kedua, Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya, seperti tarik tambang, egrang, termasuk silat budaya.

“Ketiga olahraga petualangan tantangan seperti Skateboard, BMX, Freestyle Soccer, Airsoft Gun, dan Cheerleader, Panco, Lari Gunung dan lain sebagainya, masih banyak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, KORMI merupakan induk organisasi olahraga yang didirikan ditingkat nasional yang mewadahi olahraga rekreasi. Kedudukan KORMI setara dengan KONI dan NPC sesuai Undang – Undang Nomor 11 tahun 2022.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya KORMI di Kabupaten Kebumen bisa menjadi mitra strategisnya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kebumen sehat, meskipun KORMI independen namun tetap harus bermitra dengan Pemerintah Daerah setempat,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum KORMI Kebumen terpilih, Ristawati menyatakan, ke depan pihaknya akan terus membangun sinergi dengan pemerintah dan KONI, agar tiga induk jenis olahraga yang berada di bawah KORMI bisa eksis di Kebumen.

“Saya kira tanpa kebersamaan cabang-cabang olahraga yang berada di naungan KORMI tidak mungkin berjalan dengan baik. Karenanya kami berharap dukungan dari semua pihak, tentu saja dalam hal ini pemerintah Kabupaten Kebumen,” ujarnya.

Ristawati juga berkomitmen untuk terus menghadirkan olahraga di Kebumen yang menghibur dan menyehatkan. Terlebih menjelang perayaan 17 Agustus mendatang, tentu saja olahraga-olahraga hiburan di akan banyak dijumpai masyarakat.

“KORMI itu usianya tak terbatas dari balita sampai lansia, karena ini adalah olahraga yang menghibur semua usia bisa masuk. Nah nanti di bulan Agustus banyak olahraga hiburan yang dilombakan, seperti tarik tambang, panjat pinang, senam, egrang dan lain sebagainya,” ungkapnya. (*/Mad)