Portal Jateng

Wabup Acungkan Jempol Terhadap Relawan Purworejo

19
×

Wabup Acungkan Jempol Terhadap Relawan Purworejo

Sebarkan artikel ini
Wabup Acungkan Jempol Terhadap Relawan Purworejo
Wabup Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat menghadiri Temu relawan di Purworejo

PURWOREJO – Kabupaten Purworejo memiliki potensi kebencanaan yang cukup tinggi, sehingga sangat diperlukan koordinasi dan kolaborasi berbagai komponen sebagai upaya mitigasi bencana. Sinergitas antarpelaku penanggulangan bencana di Kabupaten Purworejo berkonsolidasi efektif dan sinergi berbagai pihak, terutama relawan kebencanaan, pemerintah dan aparat keamanan perlu terus diperkuat dan selalu ditingkatkan.

Harapan tersebut diungkapkan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH dalam kegiatan Temu Relawan Bencana Kabupaten Purworejo, di halaman kantor BPBD Kabupaten Purworejo Jum’at malam (23/06/2023). Turut mendampingi Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Hariyono SSos MSi, perwakilan Dandim 0708 Kapten infantri Nurkholik, perwakilan Polres Purworejo AKP Markotib, OPD terkait dan 35 relawan bencana seluruh Kabupaten Purworejo.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam kesempatan itu, Wabup mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh relawan yang ada di Kabupaten Purworejo, terutama atas kesigapan dan loyalitas dalam misi kemanusiaan.

“Kita punya relawan yang hebat-hebat, khususnya relawan dalam penanggulangan bencana. Mereka ini tak kenal lelah, sigap datang ke lokasi paling awal dan pulang paling akhir dengan sukarela,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pemerintah Daerah bersama seluruh stakeholder, terus berupaya mengedukasi masyarakat agar memiliki kultur siaga bencana serta memiliki komitmen yang kuat dan terstruktur. Sehingga respon terhadap bencana tidak sebatas bersifat emergency, namun dalam wujud yang lebih nyata dan terkoordinir dengan baik.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Hariyono dan Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin mengatakan perlunya konsolidasi dan integrasi dalam penanganan kebencanaan. Terutama pada kemampuan dapur umum, bahwa dalam pasokannya perlu sokongan dari pihak terkait.

“Temu relawan ini sebagai bentuk kesigapan dalam perencanaan penanggulangan bencana di Kabupaten Purworejo yang masih cukup tinggi, yaitu nomor 4 di Jawa Tengah, ” ungkapnya.

Ditemui secara terpisah anggota dari FPRB Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen Ika Irawati mengungkapkan terimakasihnya dapat kesempatan untuk ikut acara ini,. “Saya dapat terus menjaga solidaritas antar relawan agar dapat melakukan langkah siaga menanggulangi resiko bencana yang mengintai setiap saat. kegiatan positif ini sangat baik dan perlu dilanjutkan ke desa desa, ” katanya. (Fauzi)