Verifikasi Nasional Program Kampung Iklim Kategori Utama Tahun 2021 di Gayo Lues

Verifikasi Nasional Program Kampung Iklim Kategori Utama Tahun 2021 di Gayo Lues
Foto saat daring di ruang kerja Bupati Gayo Lues. (Photo. Ist).

GAYO LUES – Verifikasi Nasional Program Kampung Iklim (ProKlim) kategori Proklim Utama Tahun 2021 secara daring di Kampung Umelah, Kecamatan Blangpegayon, Kabupaten Gayo Lues, Sabtu (21/8/2021), dibuka secara resmi oleh Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru.

Pada sesi kata pengantar dalam kegiatan tersebut, disampaikan Kepala Balai PPIKHL Wilayah I Sumatera, Kepala Dinas LHK Aceh yang diwakili oleh Kabid PKSDA M. Daud, S.Hut, M.Si, serta Kadis LH Kabupaten Gayo Lues Drh. Ibnu Hafid.

Turut hadir dalam kegiatan verifikasi secara daring ini diantaranya Sekda Kabupaten Gayo Lues Ir. H Rasyidin Porang, Kepala SKPK Terkait, Camat Blangpegayon, Kepala KPH Wilayah V, Verifikator ProKlim KLHK, Tokoh Masyarakat dan Kelompok ProKlim Kampung Umelah.

Dalam sambutannya Bupati Amru menyampaikan terimakasih kepada KLHK atas terpilihnya Kampung Umelah menjadi salah satu Nominator Proklim Kategori Utama tahun 2021 dan Bupati juga menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah Gayo Lues selama ini dalam mendukung upaya pelestarian Lingkungan Hidup baik melalui ProKlim dengan diterbitkannya Perbup Gayo Lues Nomor 42 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Pemerintah Kampung “dalam rangka pelestarian lingkungan hidup pemerintah kampung wajib menganggarkan minimal Rp 50.000.000,- serta Perbup Gayo Lues Nomor 15 tahun 2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Kampung dalam Kabupaten Gayo Lues.

Kemudian pada tahun 2022 melalui dana DOKA juga dianggarkan anggaran sebesar Rp. 600.000.000,- yang dialokasikan melalui Dana DAU sebagai dana sharing untuk terbinanya 10 Kampung ProKlim di Gayo Lues guna mendukung tercapainya Kampung ProKlim Utama menjadi ProKlim Lestari nantinya.

Semua kebijakan tersebut diterbitkan guna mendukung upaya pelestarian Lingkungan Di Kabupaten Gayo Lues saat ini serta dimasa mendatang. Kampung Umelah merupakan lokasi Aksi ProKlim ke dua yang mendapat Penghargaan ProKlim Utama di tahun 2021, dimana sebelumnya pada tahun 2020 Gayo Lues juga mendapat Penghargaan ProKlim Utama pada Kampung Tetingi Kecamatan Blangpegayon.

Reporter: M Husni 

Tinggalkan Balasan

error: