Portal DIY

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Bernuansa Jawa

11
×

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Bernuansa Jawa

Sebarkan artikel ini
Upacara Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Bernuansa Jawa
Pengambilan pusaka Tombak Kyai Turun Sih dan Songsing Tunggul Nogo (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN -. Puncak Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditandai dengan upacara bernuansa Jawa di lapangan Denggung, Sleman, Senin (15/5/2023).

Selain semua peserta upacara mengenakan pakaian adat jawa khas Mataram, aba-abanya juga menggunakan bahasa Jawa.

Upacara peringatan hari jadi ke 107 Kabupaten Sleman di lapangan Denggung sleman ini, pelaksanaanya diawali dengan tirakatan oleh para pejabat Pemkab Sleman di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Minggu malam 14/5/2023.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan upacara pengambilan sejumlah pusaka milik Pemkab Sleman berupa tombak Kyai Turun Sih, payung atau songsong Tunggul Nogo, dan Rontek mega ngampak dari tempat penyimpan di bawa ke Pendopo Parasamya tempat dilangsungkanya tirakatan.

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Bernuansa Jawa
Kirab bergodo (Brd)

Kemudian, Senin sore tadi, dilanjutkan dengan Kirab Bedol Projo dari hotel Ambarukmo Yogyakarta serta kirab bergodo pengusung tombak Kyai Turun Sih serta Songsong Tunggul Nogo dan Rontek Mego Ngambak dari pendopo parasamya Pemkab Sleman.

Kedua rombongan kirab bergodo tersebut secara bersamaan menuju lapangan Denggung Sleman tempat diselenggarakanya upacara peringatyan hari jadi ke 107 Kabupaten Sleman.

Bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut adalah Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Selain dihadiri oleh sejumlah pejabat dan ASN Pemkab Sleman, dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemda DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, implementasi otonomi daerah memberi tanda perubahan paradikma pembangunan daerah.

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Bernuansa Jawa
Pelepasan 107 ekor merpati (Brd)

Yaitu pembangunan yang adil dan berimbang oleh karena itu peringatan hari jadi ke 107 Kabupaten Sleman ini harus jadi pemicu semangat pemkabangunan daerah yang adil dan berimbang.

Selain itu, para pejabat Pemkab Slemn dalam menjalankan tugasnya, juga harus memiliki sikap sepi ing pamrih serta semua karya harus didasari jiwa pengabdian, sehingga semua hasil karyanya dapat dirasakan oleh masyarakat

Upacara peringatan hari jadi ke 107 Kabupaten Sleman ini, diakhiri dengan pelepasan 107 burung merpati oleh para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Sleman, dilanjutkan dengan defile puluhan bergodo prajurit dari berbagai pedukuhan se Kabupaten Sleman. (Brd)