Tunda Dulu Ziarah ke Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria

  • Bagikan
Tunda Dulu Ziarah ke Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria
Pengumuman penutupan sejumlah tempat wisata dan ziarah wali di Kudus selama tahun baru (Foto : Suprapto/Portal Indonesia)

KUDUS – Bagi peziarah dari luar Kabupaten Kudus (Jawa Tengah) dimohon dengan hormat dan kesabarannya, untuk tidak mengunjungi komplek Masjid Menara Makam Sunan Kudus (M3SK) di kawasan Kudus Kulon Kecamatan Kota Kudus. Maupun komplek masjid dan makam Sunan Muria di desa wisata Colo Kecamatan Dawe, 18 kilometer utara pusat pemerintahan kabupaten (Pemkab) Kudus, selama dua hari- Sabtu- Minggu (1-2/1/2022).

Ini sebagai upaya Pemkab Kudus untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 maupun varian baru omicron. Pada posisi Jumat (31/12/2021) total konfirmasi Covid-19 di Kota Kretek mencapai 16.732 orang. Dengan rincian sembuh 15.348, meninggal 1.381, dirawat 0 (kosong) dan dinyatakan aktif 1

Himbauan itu berulangkali dilakukan Bupati Kudus, Hartopo kepada semua pihak sejak menjelang perayaan Natal 2021 lalu terutama bagi warga dari luar Kudus. Hal ini mengacu terjadi “ledakan” kasus Covid-19, setelah hari raya Lebaran dan bada kupat .

Kedua tempat ziarah, maupun tempat wisata dipenuhi banyak pengunjung. Begitu pula warga yang mudik. Nyaris sebagian besar tidak mentrapkan protokol kesehatan- khususnya menyangkut memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

“Kami sudah menyiapkan segenap aparat keamanan. Bagi yang nekat atau terlanjur sampai di Kudus, kami terpaksa untuk meminta putar balik,” tegasnya.

Pintu masuk peziarah dari luar kota,melalui terminal wisata Bakalan Krapyak, telah ditutup sejak 24 -25 Desember 2021 dan 1-2 Januari 2021. Sedang di pintu masuk menuju masjid makam Sunan Muria dari arah perbatasan Desa/Kecamatan Gembong Kabupaten Pati dengan Kecamatan Dawe (Kudus) diberlakukan putar balik.

Termasuk pintu masuk dari arah Demak-Semarang di seputar komplek terminal bus antar kota antar provinsi Jati Wetan. Dari arah Pati- Surabaya di pertigaan jalan lingkar Ngembalrejo dan dari arah Jepara di perempatan jalan Jetak Kaliwungu.

Sedang arus lalu lintas menuju komplek Alun Alun Simpang Tujuh- komplek pendopo kabupaten, Balai Jagong seputar Gedung Olah Raga, (GOR) Wergu Wetan, pada menjelang tahun baru 2022 juga ditutup.

Pada posisi Jumat ( 31/12/2022) pukul 18.00 WIB, hampir semua wilayah di Kabupaten Kudus yang terdiri dari 9 kecamatan dilanda hujan. Dengan intensitas curah hujan ringan-sedang. (Suprapto)

  • Bagikan
error: