Portal Jateng

TMMD Tahap I/2024 di Kebumen Resmi Dibuka

95
×

TMMD Tahap I/2024 di Kebumen Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini
TMMD Tahap I/2024 di Kebumen Resmi Dibuka
TMMD Tahap I/2024 Kebumen resmi dibuka (Ist)

KEBUMEN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahap I tahun 2024 di Kabupaten Kebumen resmi dibuka oleh Sekda Kebumen Edi Rianto mewakili Bupati Kebumen pada Selasa (20/2/2024) di Lapangan Supajaya, Dukuh Karanggayam, Desa Donorojo, Kecamatan Sempor.

Pembukaan dihadiri Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, bersama jajaran Forkopimda dan Pejabat terkait.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0709/Kebumen menyatakan komitmennya bersama Pemerintah Daerah untuk membangun desa melalui kebersamaan dengan stakeholder terkait.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan takyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah, yang kemudian menjadi suatu kekuatan luar biasa, untuk kita bersama dapat mewujudkan kemajuan Kabupaten Kebumen,” ujar Dandim Kebumen

Dandim Ardianta mengungkapkan, sasaran TMMD tahap I/2024 ada di Desa Donorojo, yang meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang 620 meter, lebar, 2,5 meter dan tebal 15 cm.

“Kita juga melakukan kegiatan non fiisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, dan penyuluhan Kamtibmas. Waktu pengerjaan TMMD selama satu bulan atau 30 hari, kita minta tidak ada libur,” ucapnya.

Program TMMD ini menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi dan Kabupaten sebesar Rp.301.000.000. Kemudian ditambah APBDesa sebesar Rp. 100.265.500.

Sekda Edi yang mewakili Bupati menyampaikan, TMMD merupakan wadah yang efektif untuk merawat kebersamaan serta kegotong-royongan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat. Hal iini sekaligus wujud semangat yang sejalan dengan konsep pembangunan Kabupaten Kebumen SEMARAK.

Menurutnya, program TMMD masih akan fokus dalam pembangunan jalan di desa-desa. Sebab, di tempat-tempat yang jauh dari perkotaan, infastruktur jalan masih menjadi kebutuhan yang sangat diharapkan. “Jadi kita fokus pada pembangunan infastruktur jalan desa,” ujar Sekda Edi.

“TMMD menjadi ikhtiar kita bersama guna meningkatkan pemerataan pembangunan. Mari niatkan membangun untuk diri, keluarga dan saudara bahkan keturunan kita” tambah Edi.

Edi menuturkan, Pemkab Kebumen menaruh perhatian besar terhadap pembangunan desa. Harapannya dengan program ini mampu mengakselerasi upaya memajukan desa. TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Mad)