Portal DIY

TMMD Sengkuyung 2023, Pemkab Sleman Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar

12
×

TMMD Sengkuyung 2023, Pemkab Sleman Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar

Sebarkan artikel ini
TMMD Sengkuyung 2023, Pemkab Sleman Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran yang akan digunakan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung dan Karya Bakti Kabupaten Sleman 2023 (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Kodim 0732/Sleman kembali akan melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung yang akan dilaksanakan mulai 10 Mei hingga 8 Juni 2023.

Rencananya TMMD akan dilakukan di 3 wilayah Kapanewon serta karya bhakti di 14 kalurahan yang tersebar di 14 kapanewon dengan toptal anggaran Rp1,4 Miliar.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman, Samsul Bakri pada acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran yang akan digunakan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung dan Karya Bakti 2023 wilayah Kabupaten Sleman, di ruang Op Room Dinas PMK Sleman, Rabu (3/5/2023).

“Tahun ini ada 3 TMMD Sengkuyung yang akan dilaksanakan di Sleman. Yaitu di wilayah Kapanewon Tempel, Gamping, dan Godean. Selain itu juga akan dilakukan karya bhakti di 14 wilayah kalurahan yang tersebar di 14 wilayah kapanewon, sehingga dari 17 kapanewon se Sleman, seluruhnya memperoleh proyek pembangunan melalui program TMMD atau Karya Bhakti 2023,” kata Samsul Bakri.

Menurut Samsul Bakri, TMMD ini dilaksanakan untuk meningkatkan sinergisitas antara masyarakat, pemerintah, serta TNI dalam melaksanakan pembangunan, terutama di tingkat kalurahan agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

TMMD Sengkuyung 2023, Pemkab Sleman Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar

“Kegiatan ini untuk meningkatkan peran TNI dalam keterlibatan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sleman. Sehingga dapat mengintegrasikan TNI dengan masyarakat. Hasil kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat, dengan alokasi dana yang terbatas,” ujar Samsul.

Menurut keterangan Samsul, untuk kegiatan TMMD Sengkuyung ini Pemkab Sleman telah mengalokasikan bantuan senilai Rp 200 juta per lokasinya. Sedangkan untuk Karya Bakti, alokasi dana sebesar Rp 60 juta rupiah per lokasi. Sehingga total anggaran untuk TMMD dan Karya Bhakti di Sleman tahun 2023 ini mencapai Rp1.440.000.000,-.

“Rencananya acara pembukaan TMMD dan Karya Bhakti di Sleman tahun 2023 ini akan dilakukan di lapangan Lumbungrejo Kapanewon Tempel oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2023 mendatang,” ungkap Samsul.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0732/Sleman, Kapten Inf Sujana menuturkan bahwa TMMD merupakan program kerja sama lintas sektoral antara TNI dengan lembaga pemerintah, baik itu pusat maupun daerah.

“Salah satu tugas dari Kodim 0732/Sleman yaitu membantu Pemda dan masyarakat dalam upaya membantu pembangunan di daerah melalui giat TMMD ini,” terangnya.

Kapten Sujana juga menjelaskan bahwa dalam TMMD Sengkuyung 2023 ini, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai, baik itu sasaran fisik maupun non fisik.

“Untuk fisik, antara lain berupa pembangunan corblok jalan, talud, dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH). Sedang untuk sasaran non fisiknya antara lain berupa pencegahan stunting dengan meningkatkan peran posyandu dan posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), wawasan kebangsaan dan bela negara, kamtibmas, serta sosialisasi upaya pencegahan kejahatan jalanan, dan bullying,” kata Sujana. (Brd)