Nasional

TKN Prabowo-Gibran Siap Gelar Kampanye Akbar di GBK, Target Lebih dari Setengah Juta Peserta

61
×

TKN Prabowo-Gibran Siap Gelar Kampanye Akbar di GBK, Target Lebih dari Setengah Juta Peserta

Sebarkan artikel ini
TKN Prabowo-Gibran Siap Gelar Kampanye Akbar di GBK, Target Lebih dari Setengah Juta Peserta
Calon Presiden RI Prabowo Subianto menyapa warga saat menghadiri Konser Indonesia Maju di Stadion Baharoeddin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024). ANTARA

JAKARTA– Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mengumumkan bahwa kampanye akbar mereka akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Menurut Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, lebih dari 500 ribu orang telah mendaftarkan diri untuk hadir dalam kampanye akbar tersebut.

“Diperkirakan lebih dari setengah juta orang telah mendaftar untuk hadir hari ini,” kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, pada Kamis, 7 Februari 2024. Dia juga menambahkan bahwa kemungkinan masih ada orang-orang yang datang meskipun tidak terdaftar dalam daftar peserta. Kampanye akbar ini terbuka untuk umum.

Nusron juga mengingatkan pendukung, relawan, dan masyarakat yang hadir di GBK untuk patuh pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu. Undang-undang tersebut antara lain melarang keikutsertaan anak-anak dalam kampanye.

Sementara itu, kampanye akbar dengan tema “Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju” ini juga akan dihadiri oleh puluhan selebriti Tanah Air. Gibran Rakabuming Raka sendiri akan memimpin aksi kebersihan setelah acara berakhir. “Aksi kebersihan akan dilakukan bersama dengan artis-artis yang ikut kampanye, seperti Raffi Ahmad dan relawan lainnya,” ungkap Nusron.

Namun, Nusron tidak menampik bahwa kampanye akbar ini mungkin akan berdampak pada lalu lintas, terutama bagi warga Tionghoa yang sedang merayakan Imlek. Dia juga memohon maaf kepada masyarakat yang terganggu oleh acara tersebut. Nusron mengatakan bahwa kampanye akbar akan menampilkan barongsai sebagai bentuk penghargaan kepada warga Tionghoa.

Dalam konteks pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan tiga zona untuk kampanye rapat umum. Kampanye akbar ini akan digelar mulai tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Komisioner KPU, August Mellaz menjelaskan bahwa zona kampanye ditentukan berdasarkan 38 provinsi yang dibagi secara proporsional berdasarkan waktu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur.

“Zona A akan ditentukan untuk pasangan calon tertentu, zona B untuk pasangan calon lainnya, dan zona C untuk pasangan calon yang lainnya,” jelas August pada Ahad, 14 Januari 2024. Skema kampanye harian akan disepakati oleh tim masing-masing paslon dengan bantuan tim teknis dari liaison officer pasangan calon dan partai politik.

Dengan kampanye akbar yang dijadwalkan menghadirkan massa yang besar, TKN Prabowo-Gibran harus memastikan kepatuhan pada aturan pemilu dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan perayaan Imlek. Semua mata akan tertuju pada GBK pada tanggal 10 Februari 2024 ketika kampanye akbar ini berlangsung.