Portal Jateng

Tim Wasev Pusterad Apresiasi Pelaksanaan TMMD Pejengkolan

12
×

Tim Wasev Pusterad Apresiasi Pelaksanaan TMMD Pejengkolan

Sebarkan artikel ini
Tim Wasev Pusterad Apresiasi Pelaksanaan TMMD Pejengkolan

 

KEBUMEN – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin Brigjen TNI Supriyanto mengapresiasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Reguler ke-116 di Desa Pejengkolan, Kecamatan Padureso.

Apresiasi diberikan seyelah melihat langsung kegiatan tersebut di lokasi pada Minggu 28 Mei 2023. Turut hadir ke lokasi Brigjen Budi Kusworo (Kapok Sahli Kasdam IV/Dip), Kolonel Kav Agus Waluyo (Kasi Ter Kasrem 072/Pmk), Letkol lnf Safrudin (Staf Sahli Kasdam lV/Dip), Letkol Czi Ardianta Purwandhana, (Dandim 0709/Kbm), dan Bupati Kebumen Arif Sugianto.

Dari hasil meninjauan di lapangan, Brigjen Supriyanto melihat pengerjaan TMMD di Desa Pejengkolan sudah sangat bagus. Baik dari bahan yang digunakan, dan volume sudah sesuai dengan perencanaan.

“Tadi sudah kita cek sangat bagus, proses pengerjaannya dilaksanakan dengan baik. Saya harap ini bisa diselesaikan sesuai dengan target,” ujar Brigjen Supriyanto.

Brigjen Supriyanto juga mengapresiasi antusiasme dan gotong royong masyarakat untuk ikut serta membantu TNI dalam pengerjaan jalan desa ini. Semangat gotong royong ini bisa mempercepat proses pembangunan.

“Saya lihat sendiri semangat gotong royongnya luar biasa. Ibu-ibu dan bapak-bapak semua ikut bekerja membantu TNI dalam pengerjaan jalan ini,” ujarnya.

Ia meminta warga harus bisa melakukan pemeliharaan jalan dengan baik. Misalnya dengan tidak membiarkan kendaraan berat yang melebihi tonase melewati jalur jalan desa ini. Sebab, akan membuat jalan cepat rusak.

“Peran warga masyarakat untuk menjaga dan memelihara jalan ini sangat penting,” jelasnya.

Program TMMD di Desa Pejengkolan ini fokus pada kegiatan fisik dan non fisik. Meliputi pekerjaan rabat beton dengan target panjang 1,1 kilometer dan talud sepanjang 221 meter. Selain itu renovasi RTLH sebanyak lima unit serta pembuatan gorong-gorong empat unit.

TMMD reguler ke 116 ini dijadwalkan berlangsung selama 30 hari. Adapun alokasi anggaran yang digunakan senilai Rp 1,1 miliar, diambil dari APBD Provinsi senilai Rp 370 juta, APBDes Rp 478 juta serta anggaran TNI Rp 315 juta.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto juga turut menyambut baik sinergitas antara TNI dan Pemerintah daerah dalam membangun Kebumen. TMMD menurut Bupati jelas memilik dampak positif yang luar biasa di masyarakat.

Tidak hanya itu, Bupati juga menilai program TMMD telah mempercepat proses pembangunan di desa-desa. Hal ini sinkron dengan program pemerintah yang harus dimulai dari bawah ke atas.

“Saya berharap, program-program TNI yang dilaksanakan pada saat ini dan akan datang bisa makin memantapkan komitmen dan tekad bersama. Saling meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dalam membangun masyarakat Kabupaten Kebumen,” tuturnya.