Tim Dosen Unimal Bekali Warga Gampong Buket Tentang Tekhnologi Bioflok Usaha Lele

  • Bagikan
Tim Dosen Unimal Bekali Warga Gampong Buket Tentang Tekhnologi Bioflok Usaha Lele
Foto, Tekhnologi Usaha Lele Di Gampong Buket Kutamakmur.

ACEH UTARA – Tim Dosen Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pembinaan Desa Lingkungan mengadakan pelatihan Penerapan Teknologi Bioflok Pada Usaha Lele Dan Manajemen Keuangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Gampong Buket Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Program tersebut telah dilakukan mulai tanggal 18 – 20 November 2021.

Yuli asbar Dosen dari Unimal saat di minta konfirmasi menjelaskan, pada program tersebut permasalahan pertama yang dihadapi kurangnya pemahaman dalam pembuatan kolam bioflok lele sehingga kurangnya pengetahuan masyarakat dalam instalasi, kedua kurangnya pemahaman manajemen keuangan yang masih menganut pola lama seperti masyarakat dan kelompok.

Lanjut Yuli, hadirnya tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pembinaan Desa/Gampong Lingkungan bertujuan untuk memahami bagaimana pembuatan konstruksi kolam budidaya sistem bioflok, dan pemeliharaan budidaya lele sistem bioflok yang di dampingi oleh tim pengabdian sampai dengan pendampingan selesai instalasi kolam biflok, selanjutnya dapat memberikan solusi bagi kelompok gampong buket mulai mengerti tata cara pembuatan managemen laporan keuangan.ucapnya

,”Dengan adanya Pelatihan ini permasalahan yang dihadapi oleh mitra PKM dapat terbantu dalam pembuatan kolam bioflok beserta instalasinya dan managemen laporan keuangan.,” Diharapkan setelah pengabdian ini tetap terus melanjutkan dan mengembangkan budidaya lele dengan sistem bioflok dan terus berinovasi untuk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Gampong buket.

Hasil pantauan wartawan pada hari Rabu (24/11) pukul 10.30 WIB, dengan Kelompok tani Gampong Buket, Munazir dan para peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam program ini di Gampong Buket Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Gampong Buket khususnya kelompok mitra dalam mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pembinaan Desa Lingkungan. Ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan PKM seperti ini dapat terus berlangsung di Gampongnya, agar masyarakat lebih memahami tentang Penerapan Teknologi Bioflok yang berdampak pada pendapatan nilai ekonominya pada kelompok mitra petani kolam biflok lele.tutup munazir.(man)

  • Bagikan
error: