Kesehatan

Teh dan Kopi, Manfaat Serta Perbedaannya

503
×

Teh dan Kopi, Manfaat Serta Perbedaannya

Sebarkan artikel ini
Teh dan Kopi, Manfaat Serta Perbedaannya
Teh dan kopi

JAKARTA – Teh dan kopi adalah dua minuman yang populer di seluruh dunia. Keduanya memiliki manfaat kesehatan yang serupa, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan. Jika pertanyaan mengenai manfaat kesehatan yang lebih banyak di antara teh atau kopi muncul, jawaban tiap orang tidak akan sama. Manfaat dari teh dan kopi ada beberapa yang mirip, tetapi juga ada yang berbeda. Tingkat kesehatan teh dan kopi tidak bisa dinilai hanya dari satu kandungannya saja.

Pertama, mari kita lihat kandungan kafein dalam teh dan kopi. Teh biasanya mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Dilansir dari Forbes Health, Badan Pengawas Obat dan Makanan melaporkan bahwa mengonsumsi hingga 400 miligram kafein per hari dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Kopi buatan rumah mengandung rata-rata 92 miligram kafein per cangkir 8 ons, sementara kopi di kedai kopi mengandung 150 hingga 235 miligram per porsi 12 ons. Di sisi lain, 8 ons teh hitam menyediakan sekitar 47 miligram kafein dan 8 ons teh hijau mengandung sekitar 29 miligram kafein.

Kesimpulannya, kopi mungkin memberi Anda energi yang lebih cepat, tetapi teh mengandung L-theanine, bahan kimia yang jika dikombinasikan dengan kafein dapat membantu Anda tetap waspada secara mental lebih lama. Efek kopi sangat terasa dan cepat, tetapi teh mungkin menawarkan energi yang lebih lambat dan lebih stabil.

Selanjutnya, mari kita lihat kandungan antioksidan dalam teh dan kopi. Antioksidan adalah zat yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kopi dan teh mengandung jenis antioksidan yang berbeda, tetapi keduanya mengandung polifenol secara spesifik. Tinjauan penelitian pada tahun 2013 mengenai kopi, teh, dan minuman beralkohol seperti anggur merah mencatat bahwa espresso memiliki kekuatan antioksidan paling besar. Namun, studi perbandingan lainnya pada tahun 2022 terhadap minuman serupa menunjukkan bahwa teh hijau memenangkan kontes tersebut.

Kesimpulannya, baik kopi maupun teh mengandung senyawa yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh manfaat yang signifikan dengan meminum berbagai macam minuman berkafein.

Selanjutnya, mari kita lihat kandungan serat dalam teh dan kopi. Dilansir dari Washington Post, sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata kopi memiliki antara 1,1 dan 1,8 gram serat per cangkir, tergantung apakah itu disaring, espresso, atau instan. Kandungan seratnya lebih banyak daripada yang Anda temukan dalam jus jeruk yang mengandung sekitar setengah gram serat per cangkir.

Walaupun demikian, Anda tetap perlu makan banyak buah dan sayuran untuk mendapatkan 25 gram serat harian yang direkomendasikan. Dua atau tiga cangkir kopi sehari dapat membantu Anda mencapainya. Sebaliknya, secangkir teh biasanya tidak akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian.

Ketika membahas tentang pencegahan penyakit, baik teh maupun kopi memiliki kualitas perlindungan dari penyakit. Konsumsi teh secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, stroke, dan jenis kanker tertentu, terutama kanker mulut dan saluran pencernaan. Kopi juga memiliki manfaat kesehatan. Namun, seseorang tidak boleh hanya mengandalkan teh atau kopi untuk pencegahan penyakit. Walaupun demikian, penelitian menunjukkan bahwa teh atau kopi dapat menjadi komponen yang berguna dalam pola makan yang sehat dan seimbang.

Tidak hanya itu, minum kopi dan teh telah dikaitkan dengan umur panjang. Sebuah penelitian mengamati hampir 172.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang minum 2,5 hingga 4,5 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan kematian 30 persen lebih rendah selama sekitar tujuh tahun penelitian dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Bahkan mereka yang meminum kopinya dengan satu sendok teh gula pun tampaknya mendapatkan manfaatnya. Bagi peminum teh, teh hijau dan hitam dikaitkan dengan umur panjang. Teh hitam dan terutama teh hijau kaya akan polifenol dan senyawa bermanfaat lainnya.

Sebagai kesimpulan, teh dan kopi memiliki manfaat kesehatan yang unik dan bervariasi. Kedua minuman ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dalam memilih minuman favorit Anda, pertimbangkan kandungan kafein, antioksidan, serat, dan manfaat pencegahan penyakit yang Anda inginkan. Terlebih lagi, jangan lupakan bahwa penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang secara keseluruhan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.