Portal Jatim

Sukses Di Gelar, Kupatane Wong Malang FORKOMA Di Hadiri FORKOMPINDA

13
×

Sukses Di Gelar, Kupatane Wong Malang FORKOMA Di Hadiri FORKOMPINDA

Sebarkan artikel ini
Sukses Di Gelar, Kupatane Wong Malang FORKOMA Di Hadiri FORKOMPINDA
Tampak jajaran petinggi Kota Malang saat terima Ketupat di gelaran Audensi FORKOMA.

KOTA MALANG – Meski dul Fitri 1444 H sudah dilalui sebulan lalu, namun suasana masih tampak dalam acara Kupatane Wong Malang dan audensi puluhan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ormas Kota Malang (FORKOMA) dengan FORKOMPINDA. Selasa (23/05/2023)

Audensi Yang digelar di gedung Paripurna DPRD Kota Malang ini diikuti sekitar 60 Ormas dan dihadiri langsung oleh Ketua DPRD I Made Riandiana Kartika, S.E, M.M, Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, Kapolresta Malang Kota Kombes. Pol. Budi Hermanto, S.I.K, M.Si, Dandim 0833/Kota Malang Letkol. Kav. Heru Wibowo Sofa, S.H.

Ketua DPRD Kota Malang yang akrab disapa Bli Made dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi adanya FORKOMA sebagai salah satu jembatan komunikasi antara FORKOMPINDA Kota Malang dengan elemen masyarakat.

” Hadirnya FORKOMA ini sangat luar biasa sekali dan kami sangat mendukung upaya dari forum ini untuk bisa menyatukan ormas – ormas yang ada di Kota Malang ini”.

Bli Made juga mengharapkan dengan adanya wadah ormas seperti FORKOMA, akan mampu mempererat persatuan dan kesatuan khususnya di Kota Malang.

” FORKOMA diharapkan mampu untuk menepis dan menjawab isu – isu krusial yang timbul di masyarakat. Acara ini juga sebagai bentuk upaya terus merawat toleransi antar umat beragama di kota yang kita cintai bersama ini. Karena dari seratusan anggota ormas yang hadir ini juga berasal dari berbagai agama, suku dan ras yang berbeda – beda.” Tegas pria yang dikenal menjunjung tinggi Pluralisme ini.

Sementara itu Galih Herry yang juga salah satu panitia gelaran Kupatane Wong Malang FORKOMA bersama FORKOMPINDA Kota Malang. Forum ini terbentuk atas inisiatif dari puluhan Ormas yang ingin adanya suatu wadah tersendiri, namun untuk kewenangannya dibawah Bangkesbangpol Kota Malang.

” Acara ini adalah bentuk saling memaafkan antara anggota FORKOMA kepada FORKOMPINDA Kota Malang, dimana baik secara disengaja maupun tidak dan secara personal. Melalui acara bertajuk Kupatane inilah moment untuk saling bertemu, berjabat tangan dan sekali lagi saling memaafkan “.

Pria yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini juga menyampaikan FORKOMA juga akan berperan aktif di dalam Pemilu mendatang dengan upaya menjaga dan menepis upaya – upaya pemecah belahan di tengah masyarakat yang dikarenakan beda pilihan.

“Misi utama kami adalah menjaga Kota Malang ini tetap damai dan kami akan terus berupaya sekuat tenaga untuk menjaga toleransi antar umat beragama. Selain itu kami akan juga berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas di bumi AREMA ini.” Pungkasnya. (Junaedi)