Soliditas Sinergitas TNI-Polri Siap Amankan Pilkades Serentak di desa Piranti Sedati Sidoarjo

Soliditas Sinergitas TNI-Polri Siap Amankan Pilkades Serentak di desa Piranti Sedati Sidoarjo
Kapolresta Sidoarjo hadiri cangkrukan kamtibmas di Balaidesa Piranti Kecamatan Sedati

SIDOARJO — TNI-Polri siap amankan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 84 desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Sekitar 1.154 personel Polresta Sidoarjo didukung kekuatan pengamanan dari Brimob Polda Jatim, Sabhara Polda Jatim dan personel TNI siap diturunkan.

“Sampai saat ini hingga nanti pelaksanaan Pilkades serentak 19 Juni 2022, TNI-Polri siap mengamankan dan mewujudkan kondusifitas kamtibmas,” tegas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, pada Cangkrukan Kamtibmas jelang Pilkades, bertempat di Balai Desa Pranti, Sedati, Rabu (25/5/2022).

Soliditas sinergitas TNI-Polri tidak hanya turun langsung mengamankan jalannya Pilkades mulai dilakukan pergeseran pasukan ke desa-desa, namun juga pada netralitas TNI-Polri yang tidak memihak golongan manapun.

“Netralitas TNI-Polri siap diwujudkan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sidoarjo. Fokus kami adalah menjamin kelancaran dan keamanan Pilkades, begitu pula bila ada pihak lain atau masyarakat yang mengetahui terjadinya pelanggara dalam Pilkades silahkan laporkan kepada kami agar dapat ditindak tegas,” lanjutnya.

Terkait netralitas TNI-Polri dalam mensukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Sidoarjo, juga disampaikan Komandan Denpom Lanudal Juanda Letkol Laut (PM) Achmad Junaidi, pada acara cangkrukan kamtibmas di Balai Desa Pranti. Bahwa pihaknya siap bersama kesatuan TNI lain dan Polri, menjaga netralitas dalam Pilkades. “Kami tidak memihak manapun, wilayah Sidoarjo harus aman dan kondusif,” katanya.

Sementara Danlanud Muljono Kolonel Pnb Moh. Apon pada kesempatan ini, menyatakan kesiapan TNI dalam backup penuh pengamanan Pilkades. Ia menegaskan kapan saja dan dalam jumlah berapa personel, siap mendukung pengamanan Pilkades.

“Mari laksanakan Pilkades ini sebagai ajang kontestasi yang sehat dan damai, jangan sampai ada pihak yang mengganggu keamanan dan kondusifitas wilayah kita. Karena TNI-Polri siap total mengamankan Pilkades,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo Mulyawan mengapresiasi kesiapan dan netralitas TNI-Polri dalam mengamankan Pilkades serentak. Sehingga ada jaminan terwujudnya kondusifitas kamtibmas sampai segala tahapan Pilkades selesai.

error: