SMAN 1 Sumber “Kick Off” Double Track, Begini Pesan Kacabdin Proboliggo

SMAN 1 Sumber "Kick Off" Double Track, Begini Pesan Kacabdin Proboliggo
Kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono Setiawan Memberikan Materi Entrepreneurship

PROBOLINGGO. Portal-Indonesia.com  SMAN 1 Sumber hari ini (18/04) menggelar kegiatan pembukaan program Double Track (DT) yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI. Program DT merupakan inovasi Dinas Penddikan Jatim dalam rangka meningkatka kualitas ketrampilan peserta didik agar terciptanya para lulusan yang terampil seperti tujuan pendirian SMK. SMAN 1 Sumber sendirii behasil mendapatkan kepercayaan menjalankan program DT tahu 2002 untuk yang keempat kalinya.

Meski berhalangan hadir langsung ke SMAN 1 Sumber, secara virtual Kacabdin Probolinggo Kusnadi, S.Sos, MM dalam sambutannya memberikan pesan yang menjadi pemantik semangat bagi semua GTK dan siswa SMAN 1 Sumber.

Kusnadi menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga tujuan dalam program DT yaitu untuk meningkatkan kompetensi peserta didik SMA yang tidak lanjut kuliah, membangun jiwa entrepreneurship siswa, dan memberikan bekal keterampilan sesuai kompetensi keahlian yang dipilih.

“Goal program DT ini adalah semakin banyak tumbuhnya bisnis startup dari para peserta didik sesuai dengan potensi kodratnya masing-masing” tegas Kacabdin Probolinggo yang belum genap empat bulan menjabat tersebut.

Suntikan motivasi berikutnya disampaikan oleh kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono Setiawan yang menegaskan petingnya seluruh peserta didiknya untuk benar-benar maksimal mengikuti kegiatan DT secara teori dan praktik.

“Sekolah yang kita cintai bersama ini mendapatkan amanah dua bidang keahlian yakni bidang Multimedia dan bidang Tata Boga, keduanya harus melahirkan entrepreneur baru” imbuh Daris.
Program DT sejatinya merupakan inovasi bidang pendidikan SMA Dinas Pendidikan Jatim, di mana kegiatan belajar mengajar reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan ketrampilan secara berdampingan sesuai dengan kearifan lokal. Konsepnya, keterampilan tambahan yang diberikan kepada siswa SMA diporsikan sebagai ekstra kurikuler (Ekskul) dengan ketentuan setiap siswa minimal 1 tahun bergabung dengan ekstra kurikuler yang mereka inginkan.

Pantauan Portal-Indonesia di lokasi acara, kegiatan pembukaan program DT SMAN 1 Sumber berlangsung lancar dan menyenangkan, acara di kemas santai, guru dan siswa bergantian menyanyi di sela-sela kegiatan. Kedua pemateri yang merupakan Trainner DT menyampaikan materi sesuai kompetensi keahliannya, Farid Hermawan bidang Multimedia dan Nur Waqiah sebagai trainner tata boga.

error: