Portal DIY

SMAN 1 Godean Sleman Gelar Pentas Seni Budaya

18
×

SMAN 1 Godean Sleman Gelar Pentas Seni Budaya

Sebarkan artikel ini
SMAN 1 Godean Sleman Gelar Pentas Seni Budaya
Pelajar SMAN I Godean Sleman unjuk kebolehan pentas seni karawitan (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Mengakiri kegiatan akhir tahun ajaran 2022/2023, SMA Negeri I Goden, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pentas seni karawitan yang dikolaborasikan dengan seni tari di Pendopo Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman, Senin (15/52023).

Selain sebagai sarana unjuk kebolehan hasil latihan yang telah dilakukan, pentas seni ini juga sebagai serana pelestarian budaya peninggalan nenek moyang.

Dalam pentas seni karawitan berkolaborasi dengan seni tari yang dilakukan oleh sejumlah siswa yang tergabung dalam kelompok seni karawitan Laras Puspa Paksi SMA N I Godean ini, menampilkan 15 gending.

Diantaranya gendhing sri wilujeng, ladrang grompol mataraman laras slendro pathet 9, Lancaran Sleman Sembada, lancaran pepiling, lancaran lumbung desa serta lancaran mayar sewu dan kebo giro.

SMAN 1 Godean Sleman Gelar Pentas Seni Budaya
Dari kiri : Kepala SMAN 1 Godean Surahman, dan Panewu Godean Iksan Waluyo (Brd)

Setiap tampil beberapa gendhing, diselingi pementasan seni tari yang juga dimainkan oleh para siswa SMAN I Godean.

Menurut Kepala SMAN I Godean, Surahman, S.Pd, M.Pd, sesuai visi SMA NI Godean, yaitu terwujudnya lulusan berakhlak mulia, berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan dan berkebinekaan global, SMA Negeri I Godean dalam meneyelenggarakan pendidikan tidak hanya mengutamakan pendidikan bidang akademik saja.

Tetapi berbagai kegiatan yang masuk dalam ranah visi SMA Negeri I Godean termasuk pendidikan budi pekerti dan upaya pelestarian budaya juga dilakukan.

“Dengan pertimbangan itu, maka semua siswa SMA Negeri I Godean yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, seperti siswa yang mengikuti ekstra kurikuler seni budaya ini, juga diberi kesempatan untuk menampilkan kemampuannya,” ujar Surahman.

Bahkan, lanjut dia, untuk menumbuhkan kebanggan para siswa, pentas seni karawitan Laras Puspa Paksi SMA Negeri I Godean ini juga akan ditayangkan di Jogja TV melalui program Langen laras pada pukul 17.00 WIB tanggal 21 Mei 2023 mendatang.

SMAN 1 Godean Sleman Gelar Pentas Seni Budaya
Pelajar SMAN I Godean tampilkan seni tari (Brd)

Panewu atau Camat Godean, Iksan Waluyo, menyambut baik pementasan seni karawitan dan seni tari yang dilakukan para siswa SMA Negeri Godean Sleman ini. Sebab, pementasan kesenian tradisional yang dilakukan para pelajar ini, membuktikan bahwa generasi muda di Sleman juga masih mencintai seni budaya peninggalan nenek moyang.

Sementara itu seorang pelajar SMA Negeri I Godean Nabila Dela mengaku senang bisa pentas bersama dalam gelar budaya ini. Sebab sejak kecil dirinya memang suka dengan aneka kesenian tradisional, khususnya kesenian karawitan.

Oleh karena itu Nabila mengaku senang adanya kegiatan extra kurikuler kesenian karawitan yang ada di SMA Negeri Godean Sleman ini.

“Apalagi diberi kesempatan pentas di panggung dan akan ditayangkan disebuah televisi, membuat saya semakin bangga dan senang. Karena kegiatan seperti ini, bisa menjadi sarana bagi kami dalam mengajak para generasi muda untuk mencintai kesenian karawitan tinggalan leluhur ini,” kata Dela. (Brd)