Portal DIY

SMAN 1 Godean Pamerkan Aneka Karya Seni Siswa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

407
×

SMAN 1 Godean Pamerkan Aneka Karya Seni Siswa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Sebarkan artikel ini
SMAN 1 Godean Pamerkan Aneka Karya Seni Siswa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Kepala Balai Dikmen Sleman, Dwi Agus Muchdiharto, Kepala SMAI Godean Surahman dan Ketua Komite SMAN I Godean Gatot saat menyaksikan aneka seni karya siswa SMAN I Godean (Brd/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 37 SMA Negeri 1 Godean, Kabupaten Sleman, DI.Yogyakarta, OSIS SMA Negeri I Godean menyelenggarakan kegiatan ANANTARA #3 yaitu pameran karya seni siswa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Pameran karya seni ANANTARA #3 yang diselenggarakan selama tiga hari (Tgl 7-9 Februari 2023) ini, pelaksanaanya dibuka oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman Dwi Agus Muchdiharto, disaksikan oleh Kepala SMAN I Godean, Surahman S.Pd, M.Pd, para guru dan pengurus komite serta para pengurus OSIS SMAN I Godean.

Dalam laporanya seorang siswa SMAN I Godean yang juga sebagai ketua panitia pelaksana, Muhamad Riyo faiq, menuturkan, karya siswa SMAN I Godean Sleman yang dipamerkan ini, ada beberapa jenis karya seni.

Diantaranya, seni lukis, karya seni tridi, aneka foto, kostum yang terbuat dari aneka barang bekas, batik, serta aneka permainan tradisional yang jumlahnya mencapai lebih dari 100 karya seni.

Menurut Kepala SMAN I Godean, Surahman, S.Pd, M.Pd, Pemaran seni karya siswa SMAN I Godean seperti ini, sudah yang ketiga kalinya. Selain sebagai sarana untuk mengapresiasi terhadap siswa dalam mengembangkan bakatnya dibidang seni, juga untuk mengenalkan karya seni siswa SMA Negeri I Godean kepada masyarakat luas.

Selain itu, juga sebagai sarana pendidikan budi pekerti, karena dalam berkarya mereka juga ada yang menerapkan sistem gotong royong, mengingat ada beberapa karya seni yang pembuatanya dikerjakan bersama oleh 5 atau enam siswa.

SMAN 1 Godean Pamerkan Aneka Karya Seni Siswa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Kepala Balai Dikmen Sleman, Dwi Agus Muchdiharto memainkan gangsingan salah satu permainan tradisional karya siswa (Brd/Portal Indonesia)

Usai menyaksikan berbagai karya seni Siswa SMAN I Godean yang dipajang di ruang pamer tersebut, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Dwi Agus Muchdiharto mengatakan bahwa ANANTARA memiliki arti kreasi tanpa batas.

Namun dalam berkarya dibidang seni juga harus dibatasi, yang antara lain jangan sampai membuat atau memamerkan karya seni yang berbau pornografi.

Dwi Agus juga mendukung penuh pelaksanaan pameran yang digelar di museum seperti ini. Sebab melalui cara ini, dapat menumbuhkan minat siswa untuk gemar berkunjung ke museum, sehingga wawasan siswa terhadap kemuseuman menjadi meningkat.

Menurut Dwi Agus, dari hasil karya tersebut, bisa diketahui bahwa secara akademis maupun karakter dan kemampuan siswa SMAN I Godean dibidang seni serta kreatifitas maupun semangat gotong royongnya dalam menghasilkan karya seninya sangat bagus.

“Yang sangat menarik bagi kami, berbagai karya seni karya siswa SMAN I Godean ini, adalah karya hasil kolaborasi, kerjasama siswa yang bisa menghasilkan karya seni yang bagus,” kata Dwi Agus.

Karena itu, Dwi Agus berharap kemampuan siswa seperti ini, harus didorong semangatnya, dan talentanya harus diberi ruang untuk terus berekspresi, sehingga kedepan mereka bisa mengaktualisasikan bakatnya.

Selain itu kegiatan yang memiliki banyak manfaat ini juga perlu ditiru oleh sekolah-sekolah lain, sehingga siswa selain cerdas juga memiliki karakter yang baik. (Brd)