OlahragaPortal DIY

Sleman Temple Run 2023 Ditarget 1.000 Pelari dari 25 Negara

8
×

Sleman Temple Run 2023 Ditarget 1.000 Pelari dari 25 Negara

Sebarkan artikel ini
Sleman Temple Run 2023 Ditarget 1.000 Pelari dari 25 Negara
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa (kiri) bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Untuk mempromosikan berbagai obyek wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar kembali Sleman Temple Run 2023. Event tahunan lomba lari yang akan dilaksanakan 5 Novemver mendatang, pesertanya ditargetkan sebanyak 1.000 pelari dari berbagai negara.

“Target peserta sebanyak itu, juga ditarget berasal dari 20 hingga 25 negara, dan karena covid-19 telah merada bahkan telah berubah menjadi endemi, maka kami yakin target tersebut akan terpenuhi,” kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Rabu (13/7/2023).

Scroll kebawah untuk lihat konten

Dijelaskan, tahun-tahun sebelumnya Sleman Temple Run selalu melombakan tiga kategori. Yaitu 25 k, 13 k dan 7 K.

Namun Sleman Temeple Run tahun 2023 ini akan diubah menjadi 30 K, 15 K dan 5 K, dengan rute yang akan dilalui, akan masuk kawasan Kraton Ratu Boko wilayah kapanewon Prambanan dan beberapa candi serta situs lainya..

Setiap kategori akan dipilih tiga pemenang untuk diberi Piagam penghargaan maupun uang pembinaan. Yakni, kategori 30 K juara I mendapatkan Rp 8 juta, juara II Rp 6 Juta dan Juara III Rp4 juta. Kategori 15 K, Juara I Rp 6 juta, juara II Rp4 juta dan juara III Rp2 juta. Sedang untuk kategori 5K, juara I Rp 4 juta, juara II Rp2 juta dan juara III Rp1 juta.

“Dengan adanya kategori baru Sleman Temple Run 2023, maka akan menjadi yang pertama kalinya masuk dalam ITRA (Internasional Trail Runers Assosiation) sehingga memiliki point yang bisa digunakan untuk kualivikasi Event Trail Internasional.

“Sesuai namanya, dalam Sleman Temple Run nanti, peserta akan berlari lintas alam dari candi ke candi yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Ini merupakan salah satu keunikan dan daya tarik tersendiri,” ujar Danang Maharsa.

Sleman Temple Run 2023 Ditarget 1.000 Pelari dari 25 Negara
Wabup Sleman dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman tunjukkan kaos seragam peserta Sleman Temple Run 2023 (Brd/Portal Indonesia)

Uniknya lagi, tambah dia, sepanjang jalan yang yang dilalui, ada beberapa lokasi obyek wisata yang akan dijadikan ajang pentas berbagai kesenian khas Sleman.

Diantaranya kesenian jatilan, hadroh dan Srandul. Selain itu juga akan banyak UMKM yang akan menjajajakan hasil produknya baik berupa aneka makanan khas Sleman, maupun souvenir.

Karena dinilai unik dan menyehatkan, maka Danang Maharsa politisi PDIP tersebut menyatakan akan mendaftar sebagai peserta kategori 5 K dengan maksud untuk memotivasi warga agar gemar berolahraga, yang akhirnya badan menjadi sehat dan bugar.

“Keikutsertaan saya dalam Sleman Temple Run 2023 mendatang, bukan menargetkan sebagai juara, tetapi untuk berolahraga sembil wisata, sekaligus untuk memotoivasi masyarakat agar gemar berolahraga,” tutur lelaki yang juga gemar berolahraga tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid menyatalan optimis target peserta 1.000 dan asal peserta tersebut akan terpenuhi.

Selain karena pandemi Covid-19 di berbagai negara termasuk Indonesia telah mereda, minat masyarakat untuk olahraga lari juga semakin tinggi.

Menurut dia, penyelenggaraan Sleman Temple Run 2023 , nanti juga akan membawa berbagai dampak positif bagi warga Sleman. Karena gelaran tersebut, menjadikan banyak wisatawan dari berbagai manca negera yang akan datang ke Sleman, sehingga berbagai sektor akan mendapatkan rezeki dari event tersebut. (Brd)