Portal Jatim

Serius Bahas Raperda PLP2B, DPRD Ponorogo Sepakat Bentuk Pansus

16
×

Serius Bahas Raperda PLP2B, DPRD Ponorogo Sepakat Bentuk Pansus

Sebarkan artikel ini
Serius Bahas Raperda PLP2B, DPRD Ponorogo Sepakat Bentuk Pansus
Rapat paripurna DPRD Ponorogo terkait Raperda PLP2B

PONOROGO – Rapat paripurna DPRD Ponorogo digelar dengan agenda jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

Hadir pada kesempatan ini Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Ponorogo dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ponorogo.

Scroll kebawah untuk lihat konten

“Raperda ini harus benar-benar dibahas. Agar nantinya menjadi Perda berkualitas untuk menjamin perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan,” ujar Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko.

Sementara itu, Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto mengatakan, sebanyak delapan fraksi legislatif meliputi NasDem, PKB, Demokrat, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, PKS dan Amanat Persatuan menghendaki untuk dibentuk pansus.

“Tentunya untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut dan detail terkait Raperda perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan ini,” jelasnya, Senin (19/6/2023).

Dirinya menambahkan, seperti yang diketahui, lahan produktif (pertanian) di Ponorogo sudah banyak beralih fungsi dan kepentingan.

“Maka perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut. Kita ini dapat dibilang terlambat dari 38 Kabupaten yang ada di Jawa Timur,” bebernya.

Raperda ini juga erat kaitannya dengan pemetaan Rencana Tata Ruang dan Wilayah ( RTRW) Kabupaten Ponorogo. Selain itu, hal ini juga mencakup terkait hak-hak dan intensif para petani

“Maksud intensif petani adalah adanya ketersediaan pupuk bersubsidi dari pemerintah,” tandasnya. (Adv)