Sempat Vacum 3 Tahun, SMK NU Tenggarag Kembali Gelar Pesantren Ramadhan

Sempat Vacum 3 Tahun, SMK NU Tenggarag Kembali Gelar Pesantren Ramadhan
Kegiatan Pesantren Ramadhan SMK NU Tenggarang Kabupaten Bondowoso

BONDOWOSO. Portal-Indonesia.com  Setelah sempat vacum tidak menggelar Pesantren Ramadhan (Pesrom) karena badai covid-19, SMK NU Tenggarang hari ini (09/04) telah sukses melaksanakan Pesrom. Kegiatan yang tea berlangsung sejak tanggal 7 April 2022 tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik dan seluuh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Menariknya, penutupan kegiatan Pesrom yang sangat diikuti dengan antusiasme selurih peserta didik tersebut dikemas dengan pembagian Ta’jil gratis di depan sekolah, santunan yatim piatu, bingkisan kaum dhuafa masyarakat sekitar sekolah, dan ditutuo dengan buka bersama serta dilanjutkan dengan sholat terawih bersama.

Kepala SMK NU Tenggarang Werdhy Ayu dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pesrom diwarnai beberapa kegiatan lain seperti; Tadarus bersama, pembelajaran Baca Tulis Alqur’an, materi seputar hikmah ramadhan, Tajhizul Mayyit di dengan bimbingan langsung oleh pemateri dari Ponpes Sidogiri yaitu Ustad Abdul Ghaffar.

“Kegiatan Pesrom ini untuk menyemarakan bulan suci Ramadhan sebagai media pendidikan khususnya bagi peserta didik, agar dapatnya bisa mengisi kegiatan puasa dengan kegiatan produktif dan menambah pengetahuan keagamaan” tegas Werdhy.

Hal senada juga ditabahkan oleh guru agama islam SMK NU Tenggarang Wasilah, bahwasannya kegiatan Pesrom sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter para peserta didiknya seiring derasnya pengaruh negatif sebagai dampak era globalisasi yang semakin akut dengan membawa sekian dampak negatif.

“Anak SMK tidak sekedar butuh ilmu tekhnologi akan tetapi juga butuh iman dan taqwa sebagai benteng perisai diri menghadapi tantangan jaman, maka melalui giat ini harapanya anak-anak bisa menguatkan karakternya” imbuh Wasilah.

Kegiatan hari terakhir diwarnai dengan pembagian ta’jil di depan gerbang sekolah dan penyerahan bingkisan kepada yatim piatu dan kaum dhuafa pada masyarajat sekitar sekolah dibimbing langsung oleh waka kesiswaan Rahmad Hidayat.

“Alhamdulilah dengan semangat gotong royong siswa dan wali murid, terkumpul banyak ta’ajil dn bingkisan untuk kegiatan berbagi, anak-anak sangat senang dan menikmati kegiatan Pesrom tahun ini” ujar Dayat bangga.

error: