PORTAL INDONESIA — Musim panas sedang berlangsung di beberapa daerah di Indonesia. Pada saat seperti ini, kita sering mengonsumsi minuman dingin untuk menghilangkan rasa haus dan mengusir gerah. Namun, tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab batuk dan radang tenggorokan. Penyakit ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Namun, tidak perlu khawatir karena kita bisa mengatasi batuk dengan menggunakan bahan alami.

Tidak semua batuk disebabkan oleh masalah paru-paru. Beberapa kondisi lain seperti refluks asam lambung juga bisa menjadi penyebab batuk. Untuk mengobati batuk akibat pilek, alergi, dan infeksi sinus, kita bisa menggunakan obat bebas. Sedangkan untuk infeksi bakteri, mungkin diperlukan antibiotik. Berikut adalah 5 bahan alami yang dapat membantu meredakan batuk:

1. Minum Teh Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi tentang pengobatan batuk malam hari pada anak-anak menemukan bahwa madu memberikan bantuan paling signifikan dari keluhan batuk. Cara mengobati batuk secara alami dengan madu adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal. Minumlah campuran ini sekali atau dua kali sehari, namun jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

2. Gunakan Jahe

Jahe diyakini dapat meredakan batuk kering atau asma karena memiliki sifat anti-inflamasi. Cara mengatasi batuk secara alami dengan jahe adalah dengan menyiapkan irisan jahe segar dan merendamnya dalam air panas atau teh herbal. Tambahkan madu atau sari lemon untuk meningkatkan rasa dan efektivitasnya.

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting saat mengalami batuk atau pilek. Minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan gejala batuk, pilek, dan bersin. Orang dengan gejala pilek atau flu juga bisa mendapatkan manfaat tambahan dari minum air hangat. Beberapa pilihan minuman panas yang bisa membantu mengobati batuk termasuk teh herbal, teh hitam tanpa kafein, air hangat, atau jus buah hangat.

4. Lakukan Penguapan

Batuk basah yang menghasilkan lendir atau dahak bisa membaik dengan penguapan. Cobalah mandi dengan air panas atau buat mangkuk uap dengan herbal atau minyak esensial yang dapat meredakan dekongestan. Hirup uapnya selama beberapa menit untuk meredakan batuk.

5. Berkumur dengan Air Asin

Air asin adalah obat batuk yang efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Campur setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dan berkumurlah dengan larutan ini beberapa kali sehari.

Dengan mengikuti tips di atas dan menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita, kita dapat meredakan gejala batuk tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Namun, jika gejala batuk tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.