Portal Jateng

Seleksi Sekda Banyumas Dibuka 14 Maret 2024, Pendaftar Belum Ada

154
×

Seleksi Sekda Banyumas Dibuka 14 Maret 2024, Pendaftar Belum Ada

Sebarkan artikel ini
Seleksi Sekda Banyumas Dibuka 14 Maret 2024, Pendaftar Belum Ada
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banyumas Eko Prijanto (kanan) beri penjelasan kepada pers (Portal Indonesia/Sutrisno)

PURWOKERTO – Pemkab Banyumas melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Banyumas membuka pendaftaran dan penerimaan berkas calon pelamar seleksi terbuka jabatan tinggi pratama untuk jabatan Sekda Banyumas mulai dibuka dari tanggal 15 sampai dengan 28 Maret 2024 bulan ini.

Selanjutnya 30 Maret Verifikasi dan penelitian berkas persyaratan administrasi lamaran. Tanggal 31 Maret 2024 pengumuman hasil seleksi administrasi, hingga rencana pelantikan pada 28 Mei 2024.

“Jadwal pendaftaran dan seleksi dapat dilihat di website: banyumas.go.id dan bkpsdm.banyumaskab.go.id,” terang Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banyumas Eko Prijanto saat dikonfirmasi awak media, Kamis (21/3).

Disinggung sudah ada berapa pendaftar, Eko menyebut jika sampai Kamis 21 Maret 2024 belum ada satupun yang mendaftar seleksi Sekda Banyumas

Eko yang juga panitia seleksi menjelaskan bahwa semua kepala dinas di lingkungan Pemkab Banyumas, berpeluang ikut seleksi Sekretaris Daerah (Sekda). Hal itu memungkinkan karena ada aturan baru, batas maksimal jabatan tinggi pratama sekda kabupaten/kota berusia maksimal 58 tahun.

Syarat usia maksimal 58 tahun, kata Eko, Itu mengacu Surat Edaran Menpan No.10 tahun 2023, tentang batas usia pengangkatan jabatan tinggi pratama sekda kabupaten kota.

“Itu tertuang dalam SE Menpan tentang batas usia poin C, 58 tahun untuk calon yang sedang atau pernah menduduki jabatan tinggi pratama,” katanya

Selain itu, seleksi terbuka jabatan tinggi pratama, bisa di ikuti oleh peserta dari luar Kabupaten Banyumas. Dengan catatan, selama daerah itu masuk di Provinsi Jawa Tengah.

“Tahapannya nanti ada tes administrasi, makalah, assessment asesor profesional, wawancara,” ujarnya.

Tahapan seleksi Sekda, memakan waktu sampai dua bulan. Jika semua berjalan dengan lancar, akhir Mei nanti Kabupaten Banyumas sudah mempunyai sekda baru.

Untuk panitia seleksi sendiri terdiri dari dua orang pejabat dari Pemprov Jateng, akademisi dan panitia seleksi/sekretariat. (trs)