Selama Libur Lebaran, Pengunjung DIY Diprediksi Mencapai 3,9 Juta Orang

Selama Libur Lebaran, Pengunjung DIY Diprediksi Mencapai 3,9 Juta Orang
Anggota Polda DIY mendengarkan arahan Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Polda DIY memperkirakan selama libur lebaran mendatang orang yang mudik ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mencapai sekitar 3,9 juta orang. Agar bisa memberi pelayanan dan pengamanan yang baik, Polda DIY perlu melakukan berbagai persiapan matang, sehingga para pengunjung di DIY bisa merasa aman dan nyaman.

“Pengunjung DIY sebanyak itu, bukan hanya para pemudik saja, tetapi juga orang yang melintas melalui wilayah DIY maupun para wisatawan yang berkunjung ke DIY,” kata Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar ketika membuka latihan pra operasi dan persiapan pengamanan lebaran di Gedung Anton Soedjarwo, Selasa (19/4/2022).

Menurut Kapolda DIY, suasana libur hari raya Idul Fitri tahun ini berbeda dengan libur Hari raya Idul Fitri dua tahun sebelumnya. Jika libur lebaran dua tahun sebelumnya pemerintah melarang adanya mudik Idul Fitri karena pandemi covid-19 yang masih merebak saat itu, namun libur lebaran tahun 2022 ini, pemerintah tidak melakukan pelarangan mudik, karena kasus penyebaran Covid-19 memang sudah turun drastis.

Selama Libur Lebaran, Pengunjung DIY Diprediksi Mencapai 3,9 Juta Orang
Kapolda DIY, Irjen Asep Suhendar (Brd/Portal Indonesia)

“Dengan tidak adanya larangan mudik tersebut, maka kami yakin orang yang datang ke DIY jumlahnya akan menjadi lebih banyak, yakni mencapai sekitar 3,9 juta orang, yang terdiri dari para pemudik, orang yang melintas di wilayah DIY maupun para wisatawan dari luar daerah,” kata Irjen Pol Asep Suhendar menegaskan.

Agar polisi DIY bisa memberi pelayanan dan pengamanan yang baik, Kapolda DIY meminta jajaranya untuk memetakan kerawanan yang ada, sejak pelaksanaan mudik, malam takbiran, silahturahmi saat syawalan, berwisata saat libur lebaran, hingga pelaksanaan arus balik nanti.

Selain itu, Kapolda DIY juga meminta kepada jajaranya untuk mengantisipasi adanya kemacetan di sejumlah ruas jalan dengan menyiapkan sejumlah jalur alternatif serta pemasangan rambu-rambu lalu lintas yang memadai.

Diakhir arahannya Kapolda DIY berpesan kepada seluruh jajarannya untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga pelaksanaan pengamanan Perayaan Idul Fitri 2022 dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Sedang operasi pengamanan lebaran dengan sandi Operasi Ketupat Progo 2022, menurut rencana akan digelar serentak di seluruh Indonesia selama 12 hari, mulai 28 April hingga 9 Mei 2022 mendatang. (Brd)

 

error: