Portal DIY

Selama Libur Lebaran, PDAM Sleman Nambah Debit Air 80 Liter/Detik

173
×

Selama Libur Lebaran, PDAM Sleman Nambah Debit Air 80 Liter/Detik

Sebarkan artikel ini
Selama Libur Lebaran, PDAM Sleman Nambah Debit Air 80 Liter/Detik
Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata, SE., MT (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkirakan selama Ramadhan hingga lebaran nanti, pemanfaatan air para pelanggannya akan mengalami banyak peningkatan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, PDAM Sleman telah melakukan berbagai langkah.

Menurut Direktur PDAM Kabupaten Sleman Dwi Nurwata, SE, MM, pada hari-hari biasa, kebutuhan air bersih para pelanggannya sekitar 560 liter perdetik.

Namun selama masa lebaran nanti diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 80 liter per detik, sehingga kebutuhan air bersih akan meningkat menjadi sekitar 640 liter per detik.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut, PDAM Sleman menambah debit air yang dipasok kepada para pelangganya sebanyak 80 liter perdetik, dan penambahan tersebut diperkirakan mencukupi kebutuhan.

“Meningkatnya kebutuhan yang harus diimbangi dengan penambahan pasokan tersebut, antara lain karena diperkirakan pada libur lebaran yang cukup panjang nanti tamu-tamu hotel akan meningkat sehingga kebutuhan air di hotel yang menjadi pelanggan PDAM Sleman juga meningkat. Selain libur lebaran nanti juga banyak perantau yang pulang kampung halaman, sehingga pemanfaatan air bersih akan mengalami banyak peningkatan. Oleh karena itu, PDAM Sleman juga akan melakukan berbagai antisipasi”, Ujar Dwi Nurwata di Sleman, Selasa (3/4/2024).

Berbagai antisipasi yang dilakukan, selain menambah debit air, PDAM Sleman juga melakukan flusing atau pembersihan kerak jaringan perpipaan agar aliran air menjadi lancar. Selain itu PDAM Sleman juga menyiagakan sejumlah genset, sehingga jika sewaktu-waktu listrik mati, air PDAM Sleman yang dipasok kepada para pelangganya tetep mengalir.

Selama Libur Lebaran, PDAM Sleman Nambah Debit Air 80 Liter/Detik
Perkantoran PDAM Tirta Sembada Kabupaten Sleman (Brd/Portal Indonesia)

Sedang upayanya untuk mengatasi kemungkinan terjadinya gangguan saluran aliran, PDAM Sleman juga membentuk tim unit reaksi cepat (URC). Dengan tim Unit Reaksi Cepat (URC) sehingga, jika sewaktu-waktu ada gangguan seperti terjadinya kebocoran saluran, atau berbagai kerusakan saluran, dapat cepat teratasi.

Selain itu, PDAM Sleman juga menyiapkan sejumlah mobil tangki air, sehingga bila ada pelanggan yang aliran airnya terganggu akan dipasok secara manual dengan menggunakan mobil tangki.

“Dengan berbagai upaya tersebut, kami menjamin kebutuhan air para pelanggan PDAM Sleman yang jumlahnya mencapai 45.000 orang pelanggan tidak akan mengalami permasalahan yang berarti. Sebab segala permasalahan yang muncul, akan segera teratasi dengan cepat,” tegasnya.

Menurut Dwi Nurwata, pada bulan Ramadhan ini kepadatan pemanfaatan air bersih PDAM Sleman mengalami perubahan. Jika hari-hari biasa kepadatan terjadi pada siang hari, namun selama ramadhan ini terjadi pada pagi hari mulai sekitar pukul 02.00 hingga pukul 08.00 WIB, serta sore mulai pukul 16.00 hingga pukul 22.00 malam.

Untuk mengatasi hal itu, Dwi Nurwata menyarankan kepada seluruh pelangganya, pada jam-jam sepi pemanfaatan air, para pelanggan bisa menampung air dengan bak tampungan seperti ember besar atau tempat air lainya, sehingga setiap saat membutuhkan air tidak akan menemukan permasalahan yang berarti. (Brd)