Portal DIY

Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Tertimpa Longsor

1332
×

Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Tertimpa Longsor

Sebarkan artikel ini
Sejumlah Rumah di Sleman Rusak Tertimpa Longsor
Bangunan rumah di padukuhan Glondong yang rusak karena talut ambrol (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Hujan lebat berdurasi lama disertai angin kencang di Kabupaten Sleman, Minggu dinihari (21/1/2024) mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan tanah longsor.

Bahkan longsornya talut di padukuhan Glondong, Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati mengakibatkan dua rumah dan bangunan kampus suatu perguruan tinggi rusak berat.

Talut bangunan rumah di padukuhan Glondong yang ambrol tersebut sepanjang 15 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Ambrol dan longsornya talud tersebut mengakibatkan dua rumah milik rumah Maksum dan adiknya serta bangunan pos Mapala Universitas Mahakarya Asia rusak tertimpa material runtuhan.

Karena banyaknya bangunan yang rusak dan minggu pagi hingga siang di wilayah tersebut hujan terus menerus, maka evakuasi terhadap longsoran tanah dan bangunan yang rusak baru akan dilakukan Senin 22 jan 2024 besuk.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, selain terjadi di padukuhan Glondong wilayah Kapanewon Mlati, hujan deras di Sleman Minggu dinihari, juga mengakibatkan sebuah rumah di Padukuhan Ngumbul RT 3 RW 26, Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi roboh akibat pondasinya yang sudah rapuh tergerus air.

Selain itu, tambah makwan, hujan deras disertai angin kencang di Sleman Minggu dini hari juga mengakibatkan banyak pepohonan yang tumbang menimpa bangunan maupun melintang di jalan.

Pepohonan yang roboh diterpa angin kencang Minggu dini hari terjadi di beberapa wilayah. Tetapi yang menurut Makwan yang maling banyak terjadi di tiga wuilayah kapanewon. Yaitu di wilayah Kapanewon Cangkringan, Kalasan dan kapanewon Berbah.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Sedang kerugian materiil masih dalam pendataan,” kata Makwan. (Brd)