Sebanyak 1.985 Paspor Diterbitkan Imigrasi Ponorogo Sepanjang Tahun 2021

  • Bagikan
Sebanyak 1.985 Paspor Diterbitkan Imigrasi Ponorogo Sepanjang Tahun 2021
Kepala Imigrasi Kabupaten Ponorogo, Perdemuan Sebayang (tengah)

PONOROGO – Sepanjang tahun 2021, sebanyak 1.985 paspor telah diterbitkan oleh Imigrasi Kelas II Non TPI Kabupaten Ponorogo. Baik untuk keperluan bekerja (TKI), umroh, sekolah maupun wisata.

Kepala Imigrasi Kabupaten Ponorogo, Perdemuan Sebayang mengatakan, penerbitan paspor yang diajukan oleh masyarakat di tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana untuk tahun lalu, ada sebanyak 4.058.

“Kita tetap memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat. Termasuk pola eazy paspor yakni pelayanan jemput bola yang dilakukan secara kolektif di lokasi tertentu,” ujarnya, Selasa (28/12/2021).

Dirinya menambahkan, untuk tahun ini ada 10 penerbitan ijin tinggal kunjungan (ITK) sedang tahun lalu ada 24 penerbitan. Sedangkan ijin tinggal terbatas (ITAS) ada 82 penerbitan tahun ini. Sementara tahun lalu 96 penerbitan.

“Untuk ijin tinggal tetap (ITAP) yang tahun lalu tidak ada permohonan, tahun ini ada 10 penerbitan. Kemudian AFFDAVIT tahun ini ada 4 penerbitan dan tahun lalu ada 2 penerbitan,” jlentrehnya.

Sehingga dalam pelayanan di Imigrasi Ponorogo ini dibanding tahun lalu, ada prosentase naik turun penerbitan sesuai permohonan masyararakat. Pihaknya juga melakukan sejumlah inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita punya pelayanan Prabu Kelana, dimana pemohon paspor yang tidak bisa datang ke kantor karena sakit maupun sedang ada musibah, bisa menggunakan aplikasi ini dalam mengurus paspor,” terangnya.

Ada juga E-Jathil, lalu pelayanan paspor secara drive thrue yang bernama Dadak Merak, serta percepatan paspor sehari jadi yang dilayani secara mobile di rumah warga yang dinamakan Bujang Ganong.

“Secara garis besar, memang pemohonan baik paspor maupun penerbitan mengalami penurunan tahun 2021 ini dibanding sebelumnya. Karena memang masih dalam pandemi covid-19,” jlentrehnya.

Tak kalah pentingnya lagi, kantor Imigrasi Ponorogo juga menerima dua penghargaan sepanjang tahun 2021 ini. Hal tersebut tentu menjadi bukti terkait kualitas pelayanan di Imigrasi.

“Diantaranya, satuan kerja pelayanan publik berbasis HAM dari Kemenkumham RI serta predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dari Kemenpan RB,” tandasnya.

  • Bagikan
error: