Santri Tuna Rungu Darul Ashom, Sleman Rekreasi Gratis di GL Zoo

Santri Tuna Rungu Darul Ashom, Sleman Rekreasi Gratis di GL Zoo
Seorang santri tuna rungu tengah berinteraksi dengan memberi pakan gajah (Ist)

YOGYAKARTA – Sebanyak 110 santri penghuni Pondok Tuna Rungu Darul Ashom, Sleman- DIY mendapat kesempatan rekreasi  gratis di Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Kamis (21/4/2022). Kebun binatang Gembira Loka memberikan  kesempatan piknik secara cuma-cuma ini dalam rangkaian program CSR (corporate social responsibility).

Di kebun bintang, para santri menunjukkan ekspresi   gembira. Apalagi saat mereka  berinteraksi  memberikan   pakan   pada  gajah  secara langsung. Para santri yang didampingi  pengasuhnya juga berkesempatan menyaksikan presentasi edukasi satwa aves.

Di sela-sela  presentasi, MC yang dibantu pemandu dan pendamping bahasa isyarat memberikan kuis berhadiah suvenir GL Zoo bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan. Para santri Darul Ashom juga mendapatkan fasilitas naik kereta keliling dan kapal katamaran yang mengitari danau buatan Mayang Tirta.

Pimpinan sekaligus pendiri Pondok Tuna Rungu Darul Ashom, Abu Kahfi menyampaikan terima kasih karena para santrinya diberi kesempatan refresing di GL Zoo.  Bahkan  kedatangannya di kebun binatang tersebut dijemput  dengan dua bus. “Para santri ini baru saja menyelesaikan ujian tahunan di pondok,” tutur Abu.

Ia mengaku selama ini para santri dan pengasuhnya belum pernah mengunjungi GL Zoo. “Kami baru pertama kali di Gembira Loka,” ucapnya senang.

Kegiatan sejak pagi itu berakhir sekitar pukul 12.00 Wib. Selanjutnya rombongan santri keluar melalui pintu barat  untuk kembali ke pondok.

Kabag Humas GL Zoo, Fahmi Ramadhan menjelaskan GL Zoo memberikan  kesempatan piknik secara cuma-cuma ini dalam rangkaian program CSR  “Tiap bulan Ramadan kami selalu menyelenggarakan program semacam ini,” katanya.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan sosial dalam bentuk berbagi kepada sesama. Dengan memberikan tali asih atau bakti  sosial kepada anak-anak atau santri dari Yayasan Mata Hati di Gunung Kidul dan Pondok Tuna Rungu Darul Ashom. Total penerima baksos berjumlah 170 anak. GL Zoo saat itu memberikan tali asih berupa paket sembako, snack dan suvenir buckethat GL Zoo.

Lebaran  tahun ini, GL Zoo  melakukan  persiapan  semaksimal  mungkin  mengingat  dilonggarkannya  peraturan pandemi Covid-19. Sehingga diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung. “Tapi protokol kesehatan tetap wajib diterapkan mengikuti aturan dan kebijakan pemerintah,” jelas Fahmi. (bams)

error: