Portal DIY

Sambut Hari Suci Nyepi, PHDI Sleman Gelar Upacara Giri Kerti di Kaliurang

1143
×

Sambut Hari Suci Nyepi, PHDI Sleman Gelar Upacara Giri Kerti di Kaliurang

Sebarkan artikel ini
Sambut Hari Suci Nyepi, PHDI Sleman Gelar Upacara Giri Kerti di Kaliurang
PHDI Kabupaten Sleman menggelar upacara Giri Kerti di Kaliurang (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Menyambut Hari Suci Nyepi 1946 Caka, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Upacara Giri Kerti di Kaliurang Park Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Ketua kegiatan tersebut, I Wayan Putu Sari, menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Suci Nyepi 1946 Caka. Giri Kerti atau Merti Gunung yang telah empat kali diadakan oleh PHDI Kabupaten Sleman ini diikuti oleh puluhan umat Hindu se-DIY.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk mensucikan gunung, dalam rangka menyambut perayaan Hari Suci Nyepi. Selain itu, acara ini sebagai rasa syukur terhadap Hyang Girisa atau rajanya gunung, yang telah menganugerahkan sumber kehidupan atau amarta yang melimpah sepanjang tahun,” jelasnya.

Bupati Sleman, Kustini Sripurnomo mengapresiasi kegiatan Giri Kerti yang diadakan oleh PHDI Kabupaten Sleman ini. Menurut Kustini kegiatan ini merupakan wujud rasa handarbeni atas kekayaan alam sekaligus meningkatkan kesadaran kita dalam memelihara pelestarian lingkungan.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk mensyukuri dan menjaga kelestarian hutan, gunung dan alam untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh makhluk,” ucapnya.

Lebih lanjut Kustini menyebutkan bahwa Gunung Merapi tidak sebatas menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar. Namun juga menjadi sebuah pusat peradaban budaya yang terus kita jaga. Melalui kegiatan ini diharapkan agar Merapi terus memberikan manfaat dan dijauhkan dari bencana erupsi. (Brd)