Sambut 3,9 Juta Pemudik, Polda DIY Antisipasi Padatnya Kendaraan dengan Rekayasa Lalulintas

Sambut 3,9 Juta Pemudik, Polda DIY Antisipasi Padatnya Kendaraan dengan Rekayasa Lalulintas
Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Menyambut 3,9 juta pemudik yang diperkirakan bakal masuk DI Yogyakarta (DIY) pada momen lebaran 2022, polda setempat mengantisipasi kepadatan kendaraan di seluruh ruas jalan di Yogyakarta. Yakni dengan pelbagai rekayasa lalulintas.

Dirlantas Polda DIY Kombes (Pol) Iwan Saktiadi mengungkap itu saat paparan antisipasi arus mudik di DPRD DIY, Kamis (22/4/2022).

Didampingi Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Iwan memperkirakan selain 3,9 juta pemudik, juga diprediksi ada penambahan 500 hingga 1 juta orang yang akan berwisata di pelbagai destinasi wisata di Yogyakarta.

Ia menyampaikan dengan jumlah jutaan pemudik di DIY, maka ruas jalan bakal padat kendaraan. Karena itu polisi akan mengelola dan penataan sesuai kondisi yang berkembang di lapangan. “Kami dinamis, selalu bergerak berdasarkan kondisi yang ada,” papar Kombes Iwan.

Opsi penerapan ganjil-genap disebutkan sebagai opsi yang akan dipilih ketika sistem buka-tutup dan one way, tapi kendaraan tetap padat. “Hanya saja kita melihat situasi,” kata Kombes Iwan seraya mengakui objek wisata menjadi titik berat bagi pihaknya.

Ia mengaku telah koordinasi di lapangan bersama Kasatlantas dan instansi terkait di DIY. Selain itu turun langsung ke lapangan memantau jalan-jalan di wilayah DIY, terutama yang dipandang rawan. Bahkan personilnya telah melakukan strategi untuk mengantisipasi kedatangan pemudik.

Diingatkan hendaknya kepadatan arus mudik bisa menjadi pertimbangan masyarakat yang ingin pulang kampung. Mereka bisa saja memutuskan mengambil waktu yang agak longgar atau sebaliknya mau menembus kepadatan. ”Data dan situasi di lapangan bisa menjadi pertimbangan masyarakat. Sehingga muncul pertimbangan, apakah akan mudik atau menunggu sebentar. Keputusan bisa berubah setiap saat,” katanya.

Dirlantas Iwan siap mengerahkan 1.932 personil Polri untuk diterjunkan pada momen lebaran tersebut. Bahkan jumlahnya dapat bertambah karena dibantu berbagai komponen seperti Pramuka, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan warga lokal.

Di daerah padat seperti destinasi wisata akan disiagakan layanan mobil derek,  BBM mobile dan petugas pengganjal roda mobil. Mereka siap membantu pemudik yang mengalami kendala selama perjalanan. Selain itu diharapkan pengendara dan kendaraan dalam kondisi benar-benar fit.

Soal keamanan, khususnya kejahatan jalanan, pihaknya memberikan jaminan keamanan. Karena polisi tidak akan pernah berdamai dengan kejahatan, terlebih yang membahayakan masyarakat. (bams)

error: