Safari Ramadhan Forkopimda Provinsi Sumsel, Penceramah Terangkan Keutamaan Salat Tarawih

Safari Ramadhan Forkopimda Provinsi Sumsel, Penceramah Terangkan Keutamaan Salat Tarawih
Giat Safari Ramadhan Forkopimda Provinsi Sumsel di Masjid As-Sa'adah Mapolda KM 4,5 Palembang.(Ft/Ist)

PALEMBANGForum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumsel dibulan suci Ramadhan 1443 H, rutin mengadakan Safari Ramadhan. Kali ini, bertempat di Masjid As-Sa’adah Mapolda Sumsel, KM 4,5 Palembang, Selasa (19/04) malam.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini, turut hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, SH MH, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK SH MH, Plt Sekda Provinsi Sumsel Ir SA Supriono, Danlanud Palembang Kolonel Pnb Hermawan Widhianto SE MM, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko SE MTr (Hanla), para pimpinan Perbankan, serta pimpinan BUMN dan BUMD, Tokoh Masyarakat Sumsel, PJU Polda Sumsel serta perwakilan Pamen, Pama, Bintara dan PNS Satker Mapolda Sumsel.

Usai ceramah, seluruh jamaah Salat Tarawih mendengarkan ceramah dari Ustadz Jamalullail Al Qudori Lc.

Dalam ceramahnya, Ustadz Jamalullail menyampaikan tentang keutamaan Salat Tarawih.

Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Selain itu, pelaksanaan shalat tarawih juga biasanya ditutup dengan shalat witir dengan jumlah rakaat ganjil.

Maka dari itu ada keutamaan tersendiri dalam melaksanakan Salat Tarawih di bulan Ramadhan. Apa keutamaan Salat Tarawih di bulan Ramadhan?

“Dibulan Ramadhan, setiap amalan yang dilakukan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Karena Salat Tarawih selalu dilakukan di bulan Ramadhan, maka amalan ini memiliki keutamaan yang sangat besar,” ujarnya.

Berikut adalah beberapa keutamaan melaksanakan Salat Tarawih :

1.Diampuni Dosanya

Menurut salah satu hadis menjelaskan pada bulan Ramadhan kewajiban seorang Muslim adalah melakukan puasa pada siang hari dan pada malam harinya melakukan shalat tarawih. Barang siapa yang melakukan ibadah tarawih ia akan bebas dari dosa-dosa yang pernah ia lakukan, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Ada pun hadis yang menyebutkan keutamaan shalat tarawih adalah diampuni dosanya sebagai berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa melakukan qiam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari dan Muslim).

2.Pahalanya setara dengan melaksanakan Salat Qiamulail semalaman

Tarawih jika dilakukan secara berjamaah, maka pahala yang didapatkan akan sama seperti melaksanakan Aalat Qiamulail yang lain seperti shalat tahajud selama satu malam penuh. Keutamaan shalat tarawih yang satu ini disebutkan juga di dalam hadis Rasulullah yang berbunyi sebagai berikut:

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi).jelasnya,

3.Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan dosa serta setiap doa diijabah oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan Tarawih setiap malam dibulan Ramadhan adalah bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT, dan meminta ampunan kepada-NYA.

4.Mempererat tali silaturahmi antar sesama Muslim

Melaksanakan Salat Tarawih secara berjamaah, secara tidak langsung kita sedang melakukan amalan yang dianjurkan juga dalam agama Islam, yaitu silaturahmi. Terlebih di bulan Ramadhan, segala amal dan ibadah yang dilaksanakan akan berlipat-lipat ganda pahalanya.

5.Meningkatkan kesehatan

Melaksanakan Tarawih disetiap malam dibulan Ramadhan, selain bisa menyehatkan rohani kita, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, juga bisa menyehatkan kesehatan badan secara fisik. Gerakan shalat yang dilakukan secara berkali-kali dapat membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi saat berbuka.

Pada kesempatan tersebut Ustad Jamalullail mengajak jamaah untuk senantiasa mengamalkan yang dibaca di dalam Alquran sehingga dapat memaknai yang terkandung di dalamnya Nurul Qur’an dan Nurul Ramadhan.

“Selain itu keutamaan kita membaca Alquran yaitu kita akan mendapatkan syafaat dari bacaan serta amal kita dalam mengamalkan alquran,oleh karena ingatkan dirimu,keluargamu anak keturunan untuk senantiasa mempelajari serta mengamalkan Alquran agar terhindar dari Neraka Jahanam,” pungkasnya.

Safari Ramadhan Forkopimda Provinsi Sumsel, Penceramah Terangkan Keutamaan Salat Tarawih

Pada akhir kegiatan Salat Tarawih dilanjutkan ramah tamah bersama Forkopimda Provinsi Sumsel dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru dilantai 7 gedung utama Presisi Mapolda Sumsel. (Hadi ST)

error: