Nasional

Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023

10
×

Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023
Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan

SITUBONDO – Rutan Situbondo yang dinahkodai Rudi Kristiawan sejak November 2022 lalu, berhasil menjadi juara Kategori Rutan Terbaik ke-2 Se Indonesia.

“Alhamdulillah Rutan Situbondo dinobatkan sebagai Rutan Terbaik Ke-2 Se-Indonesia tahun 2023,” ungkap Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan, Kamis (4/5/2023), di Situbondo.

Predikat tersebut diumumkan saat acara Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023, Rabu (3 Mei 2023), di Ciputra Artpreneur Jakarta, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Menurut Rudi, ini capaian yang sangat luar biasa, karena persaingan perlombaan yang sangat ketat Se-Indonesia dari setiap indikator yang dinilai, dan tentunya itu berkat hasil kerja keras dari jajaran Petugas Rutan Situbondo semuanya.

“Alhamdulillah berkat kinerja dan perubahan yang dilaksanakan teman-teman selama kita dampingi sejak kami disini dapat membuahkan hasil dan menjadi kebanggan untuk Rusibon (sebutan kekinian Rutan Situbondo),” ungkap Rudi.

Namun menurut Rudi, kita tidak boleh berpuas diri. “Jadikan ini sebagai semangat dan motivasi baru untuk kita semuanya lebih giat dan lebih keras lagi dalam bekerja,” ungkap Karutan 35 tahun itu.

Sementara itu dilihat dari jejak digital yang ada, Rudi Kristiawan selaku Karutan Situbondo sekarang ini pernah sebelumnya berturut-turut membawa Rutan Padang Panjang tahun 2021 dan 2022 lalu menjadi UPT Terbaik No 1 di Jajaran Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat.

Sebelumnya, pada tahun 2019 Alumni AKIP 43 itu juga pernah melakukan penangkapan langsung Napi yang kabur secara sendirian pada saat Rudi bertugas di Lapas Sidoarjo.

Ditanya tentang kebenaran itu, Rudi menjawab “Memang betul apa yang disampaikan teman-teman media tentang data itu.

“Alhamdulillah kami bisa mengabdikan diri untuk perubahan yang lebih baik di tubuh organisasi kita. Saya punya prinsip, dengan adanya saya disitu harus ada yang berubah lebih baik dan berwarna disitu, kita berusaha kerja baik aja mas,” jelas Rudi kepada awak media.

Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023

Dalam peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 yang telah digelar kemarin di Jakarta mengambil tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin Pasti Berakhlak, Indonesia Maju”.

Acara yang digelar setiap tahunnya ini dilakukan secara serentak pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Kantor Wilayah se Indonesia melalui virtual zoom yang terpusat dijakarta.

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI beserta para tamu undangan, pimpinan tinggi Pemasyarakatan dan seluruh jajaran Petugas Pemasyarakatan se-Indonesia yang mengikuti via zoom dari UPT Pemasyarakatan masing-masing.

Rudi Kristiawan selaku Karutan Situbondo beserta jajaran mengikuti acara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 dari Ruang Sekretariat WBK Rutan Situbondo.

Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023
Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly.

Pada acara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023, Yasonna H Laoly dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pemasyarakatan diusia ke 59 tentunya bisa semakin matang dan dewasa dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang semakin berat dalam tugas.

“Saya tegaskan kerja Pemasyarakatan itu tidak mudah, “Membina anak sekolah saja banyak tantangannya, Apalagi membina orang yang bermasalah. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk tetap kuat, berintegritas dan semangat dalam kinerja di tengah guncangan masalah yang ada,”ucap Yasonna.

Sementara itu Reyhnhard Silitonga selaku Direktur Jenderal Pemasyarakatan juga menegaskan dalam sambutan pembukanya bahwa dalam perjalanan waktu 59 tahun ini, Pemasyarakatan memang tidak sempurna. Untuk itu, pihaknya selalu berusaha menjadi lebih baik lagi.

“Bagaimana bisa sempurna, karena setiap hari yang kita bina, kita layani adalah orang-orang bermasalah para pelanggar hukum semua, pasti dinamika dalam tugas sangatlah tinggi,” tegas Jebolan Akpol 1989 ini.

Seperti diketahui, pada bulan Februari 2023 lalu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengadakan lomba Unit Pelaksana Teknis Terbaik yang terdiri dari kategori Lapas, Rutan, LPKA, Bapas, dan Rupbasan seluruh Indonesia. Banyak hal yang menjadi indikator penilaian terbaiknya. Salahsatunya dilihat dari bagaimana pembinaannya, bentuk pelayanannya, kondisi kantornya, bagaimana dapur dan klinik, dan lain-lain.

Rutan Situbondo Raih Predikat Rutan Terbaik ke-2 se-Indonesia Tahun 2023

Dalam lomba tersebut, selain Rutan Situbondo dinobatkan sebagai Juara Kategori Rutan Terbaik ke-2 Se Indonesia, sejumlah UPT lain dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur juga menyabet juara. Diantaranya Lapas Mojokerto, Bapas Malang, LPP Malang, Lapas 1 Madiun.(Kim/Via)