Peristiwa Daerah

RSUD Sleman Gelar Pelatihan Keperawatan Gawat Darurat

15
×

RSUD Sleman Gelar Pelatihan Keperawatan Gawat Darurat

Sebarkan artikel ini
RSUD Sleman Gelar Pelatihan Keperawatan Gawat Darurat
Pelatihan Emergency Nursing Basic Level RSUD Sleman

SLEMAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pelatihan Keperawatan gawat Darurat Tingkat Dasar (Emergency Nursing Basic Level). Direncanakan pelatihan yang berla nbgsung di r8uang pertemuan RSUD Sleman tersebut dilaksanakan selama 6 hari, mulai Senin 19 hingga Sabtu 29 Juni 2023.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan RSUD Sleman yang juga ketua Panitia Penyelenggara, Haryanto, S.KM, M.Kes, pelatihan diikuti oleh 30 perawat RSUD Sleman, dan diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan Sumber Daya manusia (SDM) rumah sakit dalam keperawatan gawat darurat.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Lebih lanjut Haryanto mengatakan bahwa pelatihan keperawatan gawat darurat tingkat dasar ini merupakan bagian dari pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Perawat.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia di rumah sakit yang salah satunya SDM perawat,”tegas Haryanto yang juga selaku inisiator kegiatan.

Kegiatan pelatihan ini menurutnya juga sebagai implementasi dari Permenkes No 856 Tahun 2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit (RS) yang salah satu pasalnya menjelaskan tentang prasyarat tenaga keperawatan yang akan bertugas di pelayanan kegawatdaruratan RS.

RSUD Sleman Gelar Pelatihan Keperawatan Gawat Darurat

Haryanto menambahkan materi yang diberikan selama enam hari terdiri atas Aspek Legal Etik dalam Keperawatan Gawat Darurat, Kebijakan Kementerian Kesehatan tentang Kegawatdaruratan, Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Perawat, Konsep Kegawatdaruratan, Asuhan Keperawatan Gawatdarurat, Initial Assessment, Pengelolaan Jalan Nafas dan Pernafasan Pada Kondisi Gawatdarurat, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Asuhan Keperawatan Gawatdarurat Dasar Syok Hypovolemik, Syok hypovolemic, Asuhan Keperawatan Gawatdarurat Dasar Pada Sindrom Koroner Akut (SKA) atau Acute Coronary Syndrome (ACS).

Direktur RSUD Sleman dr. Novita Krisnaeni, M.P.H dalam sambutannya menyampaikan dukungannya atas terselenggaranya pelatihan keperawatan gawat darurat tingkat dasar yang dilaksanakan hari ini.

Novita mengatakan kondisi gawat darurat dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti halnya gangguan kesehatan, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan rumah tangga, kecelakaan kerja, dan sebagainya.

Agar kondisi kegawatdaruratan ini tidak mengakibatkan kematian dan kecacatan, maka menurut Novita peran Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayaan kesehatan harus mampu menangani masalah ini dengan cepat dan tepat, dengan menerapkan pendekatan asuhan keperawatan gawat darurat.

“Pelatihan ini merupakan hal penting untuk perawat, sehingga saya berharap semua peserta dapat menjalankan fungsi sebenarnya dalam memberikan asuhan keperawatan gawatdaruratan tingkat dasar di seluruh tatanan layanan kesehatan,”tegas Novita. (Brd).