Portal Jateng

Rekayasa Lalu Lintas Selama KIE 2023

11
×

Rekayasa Lalu Lintas Selama KIE 2023

Sebarkan artikel ini
Rekayasa Lalu Lintas Selama KIE 2023
Peta rekayasa lalu lintas KIE 2023

KEBUMEN – Gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2023 diprediksi bakal mengundang ribuan pengunjung. Karena itu, lalu lintas menjadi sangat penting untuk diatur sedemikan rupa agar kegiatan spektakuler ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkah menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa skenario untuk pengaturan lalu lintas selama acara KIE berlangsung di Alun-alun Kebumen pada 17-24 Juni 2023.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Slamet menjelaskan, nanti ada rekayasa lalu lintas yang dibagi menjadi dua shift yaitu siang dan malam. Untuk siang hari pengguna jalan masih bisa melewati alun-alun Kebumen dari arah jalan Soekarno Hatta lurus sampai depan kantor pos kemudian belok kiri ke jalan Ronggowarsito Pejagoan.

Demikian juga dari arah Ronggowarsito juga bisa melewati alun-alun Kebumen depan Masjid Kauman. kemudian dari toko buah belok kiri ke Jalan Kapten Pierre Tendean. Jalan ke arah alun-alun sebagian masih dibuka, meskipun sebagian bahu jalan ada stand Expo.

“Jalan menuju alun-alun masih kita buka sampai pukul 16.00 WIB. Setelah itu kita tutup total sampai malam hari,” ujar Slamet dalam keterangan resminya, Senin (12/6).

Untuk jalan Pahlawan dari PLN lama kemudian Jalan Veteran menuju arah pendopo itu masuk katagori jalun VIP dan VVIP. Jalan tersebut nantinya bakal ditutup dan seteril dari parkir pada saat malam pembukaan KIE pada 17 Juni 2023.

“Khusus untuk malam opening ceremony di jalan Pahlawan dan jalan Veteran itu steril parkir tidak boleh ada parkir. Malam kedua normal kembali, bisa digunakan untuk parkir,” ucapnya.

Slamet menyebut pada malam hari, jalan menuju alun-alun bakal ditutup total, mengingat pada waktu malam saat diadakannya konser musik, jumlah pengunjung diprediksi semakin meningkat maka para pengguna jalan akan dialihkan ke jalan Sarbini.

“Nantinya di perempatan toko pojok Jalan Soekarno Hatta menuju alun-alun akan kita tutup. Para pengguna jalan kita alihkan ke kanan atau ke utara ke arah jalan Sarbini. Demikan juga dari arah Jalan Ronggowarsito menuju alun-alun juga kita tutup di jembatan baru, paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengarahkan pengguna jalan dari pertigaan Kedungbener atau dari arah Simpang Lima untuk melewati jalan Ringroad Selatan atau Jalan Kebumen Raya. Demikian juga dari pertigaan Jalan Hasyim Asy’ari juga akan diarahkan ke depan Polres Kebumen sampai Jalan Sarbini.

“Saya menghimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Keselamatan adalah prioritas paling utama. Kita ingin sama-sama acara ini berjalan dengan tertib dan lancar,” pungkasnya.