Portal Jatim

Rakerkomwil IV Apeksi 2023, Walikota Pasuruan Suguhkan Beragam Produk UMKM dan Seni Budaya

17
×

Rakerkomwil IV Apeksi 2023, Walikota Pasuruan Suguhkan Beragam Produk UMKM dan Seni Budaya

Sebarkan artikel ini
Rakerkomwil IV Apeksi 2023, Walikota Pasuruan Suguhkan Beragam Produk UMKM dan Seni Budaya
Pelaku seni tari, menghibur para tamu yang hadir dalam Rakerkomwil IV Apeksi 2023

PASURUAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan, menjadi tuan rumah dalam acara Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Rakerkomwil) IV ke 18 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) selama 2 hari Kamis dan Jumat (22 dan 23 Juni 2023).

Diketahui, acara rapat kerja itu digelar untuk membahas pembangunan kota yang berkelanjutan melalui penguatan potensi lokal baik mengenai strategi, tantangan dan inovasi.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Acara diawali dengan pembukaan Pasuruan Expo oleh Walikota Pasuruan yakni Saifullah Yusuf, tepatnya di halaman Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Kota Pasuruan, Rabu (21/6) sore.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pagelaran seni tari di lokasi berbeda yaitu di pelataran Gedung Harmonie dan Taman Kota guna menjamu para peserta Rakerkomwil yang hadir hingga pukul 22.00 WIB malam.

Dan tidak ketinggalan, lagu ‘Pasuruan Resik’ seperti slogan yang sering dikampanyekan oleh Walikota Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ciptaan Cak Sodig itu tampak menghipnotis para tamu undangan yang hadir untuk berjoget bersama.

“Saya kira malam ini kita sepakat, ini Rakerkomwil tetapi citarasa Rakernas. Ijinkan saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa, malam ini kami melihat totalitas dari tuan rumah mulai dari penyambutan, suguhan, penampilan tarian yang semuanya diatas rata-rata”, kata Bima Arya Sugiarto, Ketua Umum Apeksi yang sekaligus selaku Walikota Bogor.

Rakerkomwil IV Apeksi 2023, Walikota Pasuruan Suguhkan Beragam Produk UMKM dan Seni Budaya
Para kepala daerah (Walikota) Apeksi, hadir dalam acara pagelaran seni tari di pelataran gedung Harmonie

Selain dihadiri kurang lebih 13 Walikota se Indonesia, acara juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, termasuk dari kalangan masyarakat baik Kota maupun Kabupaten Pasuruan turut memeriahkan acara tersebut.

Dikatakan oleh Bima Arya, bahwa Apeksi baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 23 tahun dan diperkirakan pada 9 Juli 2023 mendatang akan mengadakan Rakernas di Makasar.

Bima Arya menekankan, kepada setiap kepala daerah yang tergabung dalam Apeksi untuk terus meningkatkan pertumbuhan melalui potensi di masing-masing daerah itu sendiri.

“Ada banyak substansi yang nanti kita kawal betul, inti garis besarnya kalau tidak kita bisa meleset atau tergelincir. Target pertumbuhan ekonomi oke, target investasi oke juga, tapi jangan lupa disitu ada local wisdom (kearifan lokal), local deuleu (bahasa daerah) dan semangat otonomi termasuk yang lainnya”, pungkas Ketum Apeksi, Kang Surya panggilan akrabnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan tentang manfaat perkumpulan demi menuju perubahan yang lebih baik.

“Kota Pasuruan memang banyak event, jadi Apeksi ini bisa mengenal orang lebih dekat. Tentunya ini akan menjadi gravitasi bagi Kota Pasuruan dengan berbagai kemajuan dan perubahan”, ujar Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, “Apeksi ini akan menjadi referensi kota-kota yang bisa memberikan best practice (praktik terbaik) salah satunya adalah Kota Pasuruan. Secara khusus raker kali ini akan merekomendasikan ke Raketnas antara lain pada saat masa transisi PJ kepala daerah”, imbuh Gubernur Jatim.

Adapun sebagai tuan rumah acara, dalam hal ini Walikota Gus Ipul menjelaskan bahwa Apeksi merupakan suatu wadah untuk saling belajar tentang bagaimana sebuah pembangunan harus didukung dengan perencanaan yang matang.

“Inikan kita saling belajar, bagaimana cara kita mengelolah baik anggaran maupun pemerintahan harus didasari dengan perencanaan yang matang. Karena semakin bagus perencanaannya, disitu kita sudah mendekati tujuan itu”, papar Gus Ipul.

Begitu juga menyinggung soal penyelesaian permasalahan didalam pemerintahan, Gus Ipul mengajak para OPD selalu fokus pada indikator kinerja itu sendiri.

“Kita punya RPJMD, skema pohon kinerja pokoknya macem-macem lah dan dari situ saya ajak teman-teman dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan untuk fokus pada indikator”, pungkasnya. (Eko)