Nasional

Putusan MK Soal Pemilu Terbuka, Partai Gelora Pusat Hingga Daerah Sangat Menyambut Baik

12
×

Putusan MK Soal Pemilu Terbuka, Partai Gelora Pusat Hingga Daerah Sangat Menyambut Baik

Sebarkan artikel ini
Putusan MK Soal Pemilu Terbuka, Partai Gelora Pusat Hingga Daerah Sangat Menyambut Baik
Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta

PASURUAN — Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan terhadap sistem pemilihan umum (pemilu). Dengan demikian, sistem Pemilu 2024 tetap menggunakan proporsional terbuka.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta, Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah hingga Ketua DPD Gelora Kota Pasuruan menilai putusan MK sebagai tonggak sejarah dalam demokrasi Indonesia.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Anis Matta menegaskan, Pemilu 2024 telah sah menggunakan sistem proporsional terbuka, setelah sebelumnya ada situasi ketidakpastian, dimana ada kemungkinan pemilu menjadi tertutup.

“Alhamdulillah… Sah! Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka,” kata Anis Matta, dalam sebuah release resminya Kamis, 15 Juni 2023 kemarin.

Menurut Anis Matta, putusan MK yang tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka dalam Pemilu 2024 adalah buah kerja kolaborasi dari seluruh rakyat Indonesia.

“Ini adalah buah dari kerja kolaborasi rakyat Indonesia yang menghendaki agar suara mereka terwakili sebagaimana mestinya, karena masyarakat demokrasi adalah masyarakat yang terbuka,” katanya.

Begitu juga Fahri Hamzah selaku Wakil Ketua Umum mengaku bersyukur 9 hakim konstitusi akhirnya memutuskan tetap mempertahankan sistem proporsional pemilu, bukan pemilu tertutup.

“Hari ini kita bersyukur, bahwa akhirnya para hakim kita memahami betul dan masih memahami betul esensi dari demokrasi kita,” kata Fahri Hamzah dalam keterangannya, di momen yang sama.

Menurut Fahri, sistem terbuka adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari dalam berdemokrasi. Bahkan menjadi satu kewajiban bagi masyarakat demokrasi untuk menegakkannya.

Sebab, tanpa keterbukaan di dalam memilih seorang pemimpin, maka kita tidak akan bisa meminta pertanggungjawaban pemimpin secara lebih transparan dan terbuka.

“Alhamdulillah …! Demokrasi menang!. Jadi hari ini, kita merayakan satu kemenangan. Hari bersyukur atas kemenangan demokrasi,” katanya.

Putusan MK Soal Pemilu Terbuka, Partai Gelora Pusat Hingga Daerah Sangat Menyambut Baik
Ketua DPD Gelora Kota Pasuruan, Iik Zainul Fitri

Terpisah, hal senada juga disampaikan Ketua DPD Gelora Kota Pasuruan, yang mana keputusan MK tersebut sangat diharapkan oleh semua pengurus di DPN bahkan di daerah seperti halnya di Kota Pasuruan.

“Sistem proporsional terbuka menurut petinggi Gelora memang sangat diharapkan, tentunya untuk melahirkan politisi-politisi independent yang nantinya bisa bersuara keras demi kebaikan bangsa dan negara tanpa ada campur tangan dari pimpinan parpol”, tutur Iik Zainul Fitri, Ketua DPD Gelora Kota Pasuruan, Jumat (16/6) pagi.

Menurutnya, politisi di parlemen setelah dilantik untuk menjadi anggota dewan sepenuhnya akan mewakili suara rakyat dan bukan mewakili parpol.

“Gelora telah menyiapkan strategi yang akan dilakukan dengan sistem apapun, apalagi dengan sistem terbuka. Gelora sudah memenuhi semua tahapan Pemilu yang menjadi persyaratan KPU hingga saat ini, dan siap akan melanjutkan ke tahapan berikutnya”, imbuh Iik Zainul Fitri.

Lanjut Mas Iik (panggilan akrabnya), “Saya berharap untuk para Bacaleg Gelora di Kota Pasuruan, agar lebih bersemangat lagi dalam berjuang dan tetap dalam satu tujuan yang telah digariskan oleh partai. Karena moment ini sebagai kesempatan untuk bisa memperkenalkan dan bisa menawarkan ide-ide para Bacaleg kepada masyarakat”, pesan dan harapannya. (Eko)