Portal DIY

Puluhan Emak-emak Pekerja informal Datangi DPRD DIY

9
×

Puluhan Emak-emak Pekerja informal Datangi DPRD DIY

Sebarkan artikel ini
Puluhan Emak-emak Pekerja informal Datangi DPRD DIY
Para perempuan pekerja informal saat di DPRD DIY (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Sejumlah perempuan pekerja informal di D.I. Yogyakarta mendatangi DPRD setempat di Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (24/5/2023).

Mereka mendesak
terkait tindak lanjut perlindungan hak atas kerja layak bagi perempuan pekerja informal.

Koordinator pekerja informal, Hikma Diniyah mengatakan, para pekerja informal di DIY selama ini belum mendapat hak sebagaimana mestinya karena belum ada  payung hukum Peraturan
Daerah (Perda) Perlindungan Pekerja Informal di DIY.

“Kami ingin pekerja informal diakui seperti halya pekerja formal lainnya karena hasil kerja kami sama,” kata Diniyah usai audiensi dengan Wakil DPRD DIY Huda Tri Yudiana.

Ia juga mendesak pemda setempat agar mengeluarkan perundangan yang mengatur perlindungan jaminan sosial bagi pekerja informal.

Menurut Diniyah, tidak adanya regulasi terkait aturan jaminan perlindungan hukum dan sosial bagi pekerja informal menjadikan  para pekerja informal rentan terhadap ketidakadilan juga perilaku kekerasan dari pemberi kerja.

“Inilah mengapa kami ingin dorong DPRD menginisiasi aturan daerah terkait jaminan perlindungan hukum dan perlindungan sosial,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menyampaikan, pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi para  pekerja informal tersebut. Termasuk mengupayakan BPJS Ketenagakerjaan supaya dianggarkan untuk para pekerja informal ini. (bams)