Portal DIY

Promosikan UMKM, Pemkab Sleman Gelar Pasar Lebaran

2105
×

Promosikan UMKM, Pemkab Sleman Gelar Pasar Lebaran

Sebarkan artikel ini
Promosikan UMKM, Pemkab Sleman Gelar Pasar Lebaran
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo tinjau stand UMKM (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya, sekaligus memudahkan masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan lebaran, Pemkab Sleman menggelar pasar lebaran di lapangan Pemda Sleman. Pasar lebaran yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari sejak hari ini pelaksanaanya dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Jumat (22/3/2024).

Menurut Kustini Sri Purnomo Pasar lebaran yang diselenggarakan Pemkab Slreman ini diinisasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Sleman didukung oleh Kementerian Koperasi UKM RI.

Sehingga pada acara pembukaan, selain dihadiri oleh para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sleman juga dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro, Sutarmo.

Kustini mengatakan, Pasar lebaran ini merupakan bentuk dukungan Pemkab terhadap pemasaran UMKM Sleman. Ia mengatakan UMKM perlu di promosiman salah satunya melalui event pasar lebaran agar semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas.

Untuk itu dukungan dan kerjasama segenap pihak dalam penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud apresiasi dan kepedulian terhadap usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah Sleman.

“Saya mengajak seluruh hadirin untuk senantiasa borong bareng dan jadikan produk-produk UMKM Kabupaten Sleman sebagai prioritas utama dalam memenuhi kebutuhan barang saat berlebaran maupun untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Kustini

Promosikan UMKM, Pemkab Sleman Gelar Pasar Lebaran
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serahkan bantuan kepada warga Sleman (Brd/Portal Indonesia)

Lebih lanjut, Kustini mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan produk-produk unggulan khas Sleman. Ia berharap pelaku UMKM memanfaatkan pasar lebaran ini sebagai media promosi dan memperluas jejaring pemasaran produknya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Tina Hastani melaporkan acara Pasar Lebaran Sleman 2024 mengusung tema “Borong Bareng Produk Sleman, Lebaran Makin Berkesan” dengan maksud untuk menangkap peluang bisnis dan promosi UMKM jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk Pasar Lebaran Sleman tahun 2024 ini terdapat 111 UMKM yang terdiri atas 109 UMKM dan 2 Koperasi. Adapun jenis produknya antara lain 72 UMKM Kuliner, 26 UMKM Fashion, 12 UMKM Craft, dan 3 UMKM Flora,” jelas Tina

Pasar Lebaran Sleman 2024 tidak hanya diisi stand UMKM saja. Namun juga diisi berbagai kegiatan, yang antara lain penyerahan Paket Sembako bagi 100 KK miskin dari Baznas, Pasar Murah Sembako, Lomba kreatifitas yel-yel dan fashion show antar OPD, Lomba mewarnai anak-anak dan pelajar, lomba membuat hampers untuk UMKM dan lomba hadroh untuk umum.

Karenanya pada acara tersebut, Bupati Sleman juga menyerahkan paket bantuan sembako dari Baznas dan Bank Pemerintah daerah (BPD, serta menyerahkan Dana Penguatan Modal berupa sejumlah uang kepada sejumlah koperasi di Sleman. (Brd)