Portal Jatim

Program TJSL PLN Gelar Kerja Nyata Untuk Masyarakat Desa Wonojati

10
×

Program TJSL PLN Gelar Kerja Nyata Untuk Masyarakat Desa Wonojati

Sebarkan artikel ini
Program TJSL PLN Gelar Kerja Nyata Untuk Masyarakat Desa Wonojati
Perwakilan PLN UPT Malang saat meninjau salah satu program PLN untuk masyarakat.

KOTA MALANG – Pasuruan, Air bersih merupakan kebutuhan primer yang kerap kali mempunyai kendala di musim kemarau bagi masyarakat khususnya di Desa Wonojati, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan. Dengan minimnya ketersediaan air bersih yang memadai sebagai kebutuhan sehari-hari dan aktifitas pertanian, masyarakat melakukan suatu usaha dengan swadaya masyarakat sendiri yaitu pembuatan sumur manual dan membuat saluran air seadanya, namun hal ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, terutama saat musim kemarau. Senin (29/05/2023)

Menyikapi fenomena itu, PT. PLN (Persero) UPT Malang berupaya memberikan bantuan yang diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Wonojati, Kabupaten Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan melalui Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN). Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL),  PT. PLN (Persero) UPT Malang memberikan bantuan Pembangunan sarana air bersih, sanitasi dan penanaman pohon kaliandra. Bantuan CSR itu diresmikan, Jum’at (26/05).

Pembangunan sarana air bersih tersebut menggunakan 3 titik yang akan dijadikan sumur bor beserta bak kontrolnya dan menyalurkannya ke rumah warga. Di sekitar Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500kV Grati – Krian T.201 – T.202 terdapat sekitar kurang lebih 100 Kepala Keluarga yang diharapkan dapat menikmati hasil dari Program TJSL ini. Tak hanya air bersih PT PLN (Persero) UPT Malang juga memberikan bantuan bibit pohon Kaliandra sebanyak 5.000 bibit yang dapat dimanfaatkan warga untuk makan ternak, yang diharapkan dapat membantu masyarakat desa setempat dalam beternak. Total bantuan dari Pembangunan sarana air bersih, sanitasi dan penanaman bibit pohon kaliandra senilai Rp. 298.000.000,-.

Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap masyarakat di sekitar instalasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat baik dari sisi ekonomi maupun kegiatan sosial. PLN berharap dengan adanya simbiosis mutualisme antara masyarakat dengan PLN dapat turut serta membangun kerjasama yang baik dalam pengamanan instalasi PLN. “Program ini bertujuan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di lingkungan kerja PT PLN (Persero) UPT Malang. Dengan adanya program ini kami harap kebutuhan air bersih masyarakat dapat tercukupi, kegiatan beternak semakin lancar dan hubungan baik Kita dalam menjaga keamanan instalasi semakin baik dan lebih baik lagi“ Ungkap Auliyaurrahman selaku MULTG Mojokerto. (Junaedi)