Portal DIY

Pramuka Kabupaten Sleman Diharap Ikut Kembangkan Sektor Wisata

1134
×

Pramuka Kabupaten Sleman Diharap Ikut Kembangkan Sektor Wisata

Sebarkan artikel ini
Pramuka Kabupaten Sleman Diharap Ikut Kembangkan Sektor Wisata
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo sampaikan amanatnya (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN —  Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta seeluruh Pramuka di Sleman mau berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan pengembangan pembangunan sektor wisata. Dengan demikian upaya peningkatan kesejahteraan warga bisa tercapai.

Harapan tersebut disampaikanya ketika membuka acara kegiatan Perkemahan Bakti Saka (Pertika) Pariwisata Cabang Sleman yang ke-3 di Bumi Perkemahan garongan Kapanewon Turi Kabupaten Sleman, Senin (19/2/2024).

Kustini berharap kegiatan Pertika ini dapat memberikan dampak positif, yakni menumbuhkan semangat kepedulian Pramuka untuk berperan mendukung pemerintah dalam pelestarian serta pengembangan sektor pariwisata

“Saya berharap anggota Saka Pariwisata mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya kaum muda untuk peduli pada potensi wilayah, mejaga kelestarian alam dan kreatif mengelolanya hingga menjadi modal yang dapat dipublikasikan sebagai potensi pariwisata,” jelasnya

Lebih lanjut, Kustini berpesan kepada peserta Pertika Saka Pariwisata untuk menggaungkan semangat kepramukaan dalam menghidupkan budaya sadar wisata di seluruh wilayah termasuk di Sleman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid dalam laporannya mengatakan, bahwa Pertika Saka Pariwisata ke-3 tahun 2024 ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai mulai tanggal 19 hingga 22 Februari 2024, dengan mengusung tema “Back to Tourism Village”.

Kemah diikuti oleh 300 peserta pramuka dan 60 sangga kerja dari 19 pangkalan SMA dan SMK di Kwartir Cabang Sleman serta 8 kontingen Saka Pariwisata mitra dari luar Kwartir Cabang Sleman, yang antara lain dari Kabupaten Gunungkidul, Magelang, Semarang, Surakarta, Trenggalek dan Purbalingga.

Kegiatan ini, lanjut Ishadi Sazid, menjadi wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Saka Pariwisata Sleman. Untuk itu, seluruh anggota Pramuka dari pangkalan di Kwarcab Sleman, serta anggota Saka Pariwisata dari Kwarcab undangan harus mempererat tali persaudaraan.

“Melalui Pertika ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dengan aktivitas inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, dan produktif dalam bentuk perkemahan bakti. Tujuannya, untuk mengembangkan pengetahuan dan membina ketrampilan kesakaan, khususnya kepariwisataan yang edukatif untuk menjalin harmoni dengan lingkungan alam dan sosial sekitar,” jelas Zayid. (Brd)