Portal Jateng

Potret Pelabuhan Tanjung Kendal : Digadang-gadang Jadi Pelabuhan Internasional, Berakhir Jadi Tempat Mancing

Portal Indonesia
190
×

Potret Pelabuhan Tanjung Kendal : Digadang-gadang Jadi Pelabuhan Internasional, Berakhir Jadi Tempat Mancing

Sebarkan artikel ini
Pelabuhan Tanjung Kendal (Ist)

KENDAL – Pelabuhan Tanjung Kendal atau Pelabuhan Kendal, terletak di Jalan Lingkar Arteri Kaliwungu.

Kondisi terkini, Pelabuhan Kendal masih terbengkalai dan kian usang
Masih sama seperti dulu, fasilitas logistik Pelabuhan Tanjung Kendal masih saja terbengkalai. Gedung-gedung kantor di sana kosong dan kumuh.

Pemecah ombak tampak rapuh dan keropos karena dihantam ombak berkali-kali. Dermaga semakin usang tanpa kapal-kapal barang bersandar.

Khusus untuk pemecah ombak, kerusakannya mempercepat pendangkalan perairan sekitar pelabuhan.  Potret pemkab yang tidak gemati

Pelabuhan Kendal sebenarnya sudah ada sejak 2004. Namun, secara fungsional pelabuhan ini baru diresmikan pada 20016 oleh Menteri Perhubungan masa itu, Ignasius Jonan. Selang 3 tahun kemudian, tepatnya pada 2019, Pelabuhan Kendal diresmikan sebagai salah satu pelabuhan perniagaan yang ada di pantai utara Pulau Jawa.

Dana sebesar Rp40 miliar disisihkan demi membangun pelabuhan ini memenuhi standar internasional. Namun, kenyataan di lapangan anggaran puluhan miliar tidak mampu dioptimalkan. Ujung-ujungnya, kapal-kapal perusahaan logistik enggan bersandar di sana. Hingga saat ini,

Pelabuhan Kendal belum mampu memberi sumbangsih signifikan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kendal.

Padahal seharusnya, fasilitas di Pelabuhan Kendal bisa memberikan sumbangsih yang besar bagi pendapatan daerah. Di sana ada dermaga kapal, lahan parkir mobil, truk, dan kendaraan, serta tempat gudang penyimpanan barang maupun peti kemas yang bisa dikenai tarif sewa.

Melihat apa yang terjadi pada Pelabuhan Kendal, saya merasa merupakan potret nyata Pemkab yang tidak “gemati”, tidak kreatif, dan miskin inovasi. (*Pedro)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.

Baca Juga:  Polres Pekalongan Kurban 7 Sapi dan 2 Kambing