Polsek Minggir Tangkap 2 Pencuri Sapi, 1 DPO

Polsek Minggir Tangkap 2 Pencuri Sapi, 1 DPO
Pelaku pencurian sapi diringkus Polsek Minggir, 1 pelaku lainnya kabur (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Aparat Polsek Minggir wilayah Hukum Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di bulan puasa ini berhasil menangkap 2 dari 3 orang tersangka pelaku pencurian sapi yang terjadi di wilayah Kapanewon Minggir 8. Dua orang tersangka diamankan, namun seorang tersangka lainya masih dalam pengejaran.

Dua orang tersangka pelaku pencurian dua ekor sapi jenis Limosin seharga Rp 38.000.000,- milik Wantoro warga Padukuhan Tengahan, Kalurahan Sendangagung, Kapnewon Minggir, Kabupaten Sleman, DIY tersebut, adalah SDT (48th) warga Padukuhan Bekelan, Kalurahan Sendangagung, Kapanewon Minggir, Sleman serta Is putra kandung SDT. Tersangka SDT kini diamankan di Mapolsek Minggir, semantara Is karena masih dibawah umur tidak ditahan, melainkan wajib lapor. Sedang seorang pelaku lain yang masih buron adalah BS warga Jawa Tengah.

Menurut Kapolsek Minggir, AKP Noor Dwi Cahyanto, SH, MM pencurian itu terjadi sekitar pukul 01.30 WIB 8 April lalu. Modus operandinya, mereka bertiga mengendarai sebuah mobil pick up Daihatsu Grand Max Nopol AB-8319-BU. Sesampainya di lokasi, mobil yang ditumpanginya diparkir sekitar 50 meter dari kandang sapi akan dicuri.

Kemudian tersangka SDT sendirian jalan kaki menuju ke kandang sapi untuk menuntun dua sapi ke mobil yang dijaga oleh tersangka Is dan BS. Setelah dua sapi berhasil dinaikkan ke mobil, mobil terus dilarikan ke arah wilayah kapanewon Turi.

Namun apes. Sampai di wilayah Kalurahan Margoagung Kapanewon Seyegan, ban mobil yang untuk mengangkut dua ekor sapi curian tersebut bocor. Kebetulan saat itu sejumlah anggota polisi Polsek Seyegan yang sedang melakukan patroli patroli lewat di lokasi berhentinya mobil tersebut.

Mengira terjadi halangan, para anggota polisi yang sedang melakukan patroli tersebut berupaya membantu mengganti ban mobil tersebut dengan ban cadangan.
Namun, mendadak salah seorang anggota polisi yang melakukan patroli tersebut mendapat informasi bahwa di wilayah kapanewon Minggir Baru Saja terjadi pencurian dua sapi.

Ternayata percakapan polisi tersebut didengar oleh tersangka BS, yang kemudian BS terus kabur. Tak lama kemudian, sejumlah anggota polisi Polsek Minggir dipimpin langsung oleh Kapolsek Minggir AKP Noor Dwi Cahyanto, SH. MM langsung melakukan penangkapan terhadap para tersangka, namun tersangka BS sudah tidak ada di tempat.

Kepada petugas tersangka SDT mengaku nekat melakukan pencurian karena tidak memiliki uang serta mendapat pesanan sapi dari seseorang, sehingga muncul niat untuk mencuri sapi milik tetangga desanya yang sudah dikenal lama. Namun apes, sapi belum terjual. (Brd)

error: