Portal Jatim

Polres Pasuruan Kota Sambangi Keluarga Linmas yang Meninggal Dunia dalam Pengamanan Pemilu 2024

70
×

Polres Pasuruan Kota Sambangi Keluarga Linmas yang Meninggal Dunia dalam Pengamanan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Polres Pasuruan Kota Sambangi Keluarga Linmas yang Meninggal Dunia dalam Pengamanan Pemilu 2024
Kapolsek Gadingrejo AKP. Miftaful bersama jajaran dan Lurah Trajeng, saat menyambangi ke rumah duka

KOTA PASURUAN — Polres Pasuruan Kota bersama dengan Dokkes Polres Pasuruan Kota dan Kepala Kelurahan Trajeng turut menyambangi keluarga Linmas yang meninggal dunia akibat sakit setelah turut serta dalam pengamanan Pemilu 2024. Rabu (28/2/2024).

Meninggalnya anggota Linmas tersebut mengejutkan banyak pihak, karena ia telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu berlangsung.

Anggota Linmas M. Muklas yang bertugas di TPS 01 Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan menghembuskan nafas terakhirnya hari Senin 26 Februari 2024 di RSUD Soedarsono Kota Pasuruan yang diduga karena dampak kelelahan menjaga TPS di wilayahnya.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati, S.I.K., M.I.K, menyatakan rasa duka mendalam atas kepergian anggota Linmas yang dengan setulus hati menjalankan tugasnya.

“Saya turut berbela sungkawa atas meninggalnya saudara M. Muklas, semoga amal ibadahnya dan pengabdian beliau kepada bangsa dan negara diterima disisi Allah SWT”, ungkap Kapolres.

Bertempat di kediaman keluarga almarhum, rombongan yang terdiri dari perwakilan Polres Pasuruan Kota yaitu Kapolsek Gadingrejo AKP Miftaful MBK, SH., beserta Bhabinkamtibmas, Dokkes Polres Pasuruan Kota, dan Kepala Kelurahan Trajeng Muhammad Erfan Effendy,S.IP, MM. memberikan ungkapan belasungkawa dan dukungan moral kepada keluarga yang ditinggalkan.

Pada kesempatannya Kapolsek Gadingrejo yang didampingi oleh pihak kelurahan dan Dokkes Polres Pasuruan Kota menjelaskan kronologi meninggalnya anggota Linmas kepada awak media.

“Almarhum Muklas bertugas mulai dari pencoblosan hingga selesai, dan mulai mengeluh sakit pada tanggal 23 Februari 2024 kemudian dibawa kerumah sakit RSUD Soedarsono hingga sampai beliau meninggal dunia”, jelas Kapolsek Gadingrejo.

“Almarhum memang sebelumnya memiliki riwayat sakit namun tetap semangat dalam menjalankan tugas negara untuk membantu pengamanan mulai dari awal hingga selesainya Pemilu”, pungkas AKP Miftaful.

Ps. Kasi Dokkes Polres Pasuruan Kota Aipda Azharudin, AMK, SH. menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan apalagi yang sudah terindikasi memiliki riwayat penyakit.

“Di wilayah Gadingrejo sudah 2 orang anggota Linmas yang meninggal dunia karena kelelahan dalam Pemilu kali ini, dan penting bagi kita untuk menjadikan bahan evaluasi terutama bagi mereka yang sudah terindikasi memiliki riwayat penyakit”, kata Kasi Dokkes.

“Untuk anggota Polres Pasuruan Kota kita terapkan pemeriksaan kesehatan hingga 2 (dua) kali sebelum diterjunkan untuk pengamanan Pemilu, ini menunjukkan ketatnya seleksi penugasan bagi anggota yang akan melaksanakan tugas pengamanan baik yang di TPS maupun PPK”, tambah Kasi Dokkes.

“Pentingnya untuk menjaga kebugaran dengan beristirahat teratur, makan dan minum yang sehat dan terjaga, mengetahui kelemahan pada kesehatan kita dan secara jujur menyampaikan riwayat penyakit yang kita alami adalah kunci dari kesuksesan tugas kita”, tutup Azaharudin.

Kepergian anggota Linmas ini memberikan pengingat akan pengorbanan dan dedikasi yang tinggi dari para petugas keamanan dalam melindungi proses demokrasi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. (Eko)