SIDOARJO — Puluhan pelajar di Wonoayu, Sidoarjo, diperingatkan oleh polisi pada Selasa (5/3/2024) karena mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm. Mereka juga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan diberikan teguran tertulis setelah dihentikan oleh petugas polisi lalu lintas dan diarahkan ke Mako Polsek Wonoayu.

Iptu Kharisma Afriansyah, Kanit Lantas Polsek Wonoayu, menjelaskan bahwa salah satu fokus dari Operasi Keselamatan Semeru 2024 adalah penegakan aturan bagi pengendara yang belum cukup umur dan tidak menggunakan helm yang sesuai standar nasional (SNI). Ia menekankan pentingnya mengenakan helm saat berkendara untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Selain memberikan teguran tertulis, polisi juga memberikan edukasi kepada para pelajar tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Orang tua juga dipanggil untuk mengawasi anak-anak mereka dan tidak memberikan izin berkendara jika mereka belum cukup umur.

Iptu Kharisma menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya dengan patuh terhadap aturan lalu lintas. “Mari kita selalu mengutamakan keselamatan dan patuhi peraturan yang telah ditetapkan,” ujarnya.